RMOLSUMSEL

Home     


KOPI SULIT DIDAPAT, HARGANYA PUN TAK SESUAI HARAPAN
MINGGU, 08 OKTOBER 2017 , 11:45:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

NET
  

RMOL. Belum musimnya, namun harga kopi sudah mulai merosot dalam sebulan terakhir. Hal ini mulai dirasakan oleh petani kopi di wilayah Kecamatan Ulu Ogan dan sekitarnya.

Sebelumnya, harga kopi mencapai Rp25 ribu perkilogram. Namun saat ini, harganya Rp20 ribu - Rp21 ribu perkilogram.

Menurut masyarakat disana, harga kopi Rp21 ribu itu masih melihat kualitas kopinya sendiri. Termasuk kebersihan biji kopi dan kadar air dalam biji kopi tersebut.

"Kalau kualitas biji kopi bagus, mulai dari kebersihan serta kadar air sedikit, maka biji kopi itu bisa dihargai sekitar Rp21 ribu perkilogram. Namun untuk kadar airnya banyak, biasanya kurang dari Rp20 ribu. Atau paling mahal Rp20 ribu itulah perkilogramnya," ungkap Darul, warga Ulu Ogan.

Kata dia, saat ini buah kopi sulit didapat karena belum musimnya. Biasanya, awal Maret barulah musim kopi dimulai. Untuk saat ini masyarakat hanya menjual kopi yang dititip pada musim lalu.

"Kasihan petani yang sebelumnya sistem titip. Karena mereka berharap harga bisa mahal, tapi justru sebaliknya. Saat ini harganya mulai merosot. Kalau akhir musim kopi lalu sekitar Juli, harga buah kopi mencapai Rp24 ribu perkilogram," jelasnya.

Hal serupa dialami masyarakat di wilayah Kecamatan Lengkiti. Disana, harga kopi juga mengalami penurunan. Kondisi tersebut tentunya sangat berpengaruh lantaran masih banyak masyarakat yang menyimpan hasil panen sebelumnya.

"Kalau harga lada sudah lama turun. Sehingga warga berharap harga kopi tetap bertahan hingga akhir tahun atau menjelang musim kembali," pungkasnya. [rhd]


Baca juga:
ARUS BAWAH MUBA DUKUNG DODI JADI CAGUB SUMSEL 2018
DITOLAK RUMAH SAKIT, IBU INI MELAHIRKAN DI MOBIL
DALAMI SUMUR, MUKLIS DAN PERLIYANTO MENINGGAL KEHABISAN OKSIGEN
GILIRAN MAHASISWA DI AJAK 'CARI AMAN' OLEH ASTRA MOTOR SUMSEL
PENERIMAAN PEGAWAI RUMKIT PROVINSI HARUS UTAMAKAN SDM LOKAL


Komentar Pembaca






Berita Populer

Jalan Tol Palindra Diresmikan, Tahap Awal Gratis Lewat...
Dokumen Hardcopy Partai Perindo Ditolak KPU OKU, Kenapa?
Diskominfo Segera Fasilitasi Pembangunan Tower di Blank Sport