RMOLSUMSEL

Home     


DITOLAK RUMAH SAKIT, IBU INI MELAHIRKAN DI MOBIL
SABTU, 07 OKTOBER 2017 , 18:02:00 WIB

NET/ILUS
  

RMOL. Penolakan terhadap pasien dalam keadaan darurat kembali terjadi. Kali ini di Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT), Pangkal Pinang. Tanpa alasan jelas rumah sakit itu menolak pasien yang hendak melahirkan.

Akibatnya, pasien tersebut melahirkan di dalam mobil saat hendak dibawa ke rumah sakit yang lain. Pasien bernama Rahayu, 18, itu datang di RSBT, Pangkalpinang, sekitar pukul 06.45 WIB kemarin.

Saat tiba di sana, pasien tersebut ditolak langsung oleh perawat di bagian kebidanan. Padahal, saat itu pasien mengalami pendarahan.

Mendapati hal itu, pihak keluarga berinisiatif membawa Rahayu yang sedang merintih kesakitan ke Rumah Sakit Bhakti Wara (RSBW) Pangkalpinang.

Sayangnya, sebelum tiba di RSBW, Rahayu melahirkan di dalam mobil. Kekecewaan diungkapkan kakak pasien, Dwi Prasetyo.

Menurut Dwi, tindakan pihak RSBT sangat tidak manusiawi.

"Pelayanan rumah sakit seperti apa ini? Benar-benar tidak ada rasa kemanusiaan. Adik kami melahirkan di dalam mobil karena Rumah Sakit Bhakti Timah menolak pasien yang dalam keadaan darurat. Kami benar-benar kecewa dengan pelayanan ini," ujar Dwi kesal seperti diberitakan JPNN.

Dia menilai, RSBT telah menerapkan pelayanan yang tidak baik terhadap masyarakat. Menurut dia, saat pasien datang, pegawai RSBT sama sekali tidak menanggapi.

"Padahal, urgen. Mereka sama sekali tidak tanggap. Seharusnya pihak rumah sakit memeriksa kondisi pasien yang saat itu mengalami pendarahan. Tetapi, ini ditolak dengan alasan rumah sakit penuh dan dialihkan ke rumah sakit lain. Ini benar-benar pelayanan yang buruk," ungkapnya.

Sementara itu, pihak Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) Pangkalpinang terlihat ketakutan saat mau dimintai konfirmasi oleh wartawan. Pihak RSBT memilih bungkam atas kejadian memilukan tersebut.

Kepala Bagian Humas dan Pemasaran Heri Amrianto didampingi Staf Bidang Keperawatan Masnun saat ditemui watawan mengatakan minta maaf.

"Kami belum bisa memberikan penjelasan. Ingin mengetahui kronologinya seperti apa. Kami akan bertemu dengan keluarga pasien. Sementara hanya itu yang bisa kami sampaikan," jelasnya.

Dimintai konfirmasi, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyatakan, suatu pelanggaran RS menolak pasien.

"Kalau benar informasi ini RSBT menolak pasien darurat, saya minta Dewan Rumah Sakit inspeksi ke sana," tegasnya. [jpnn/rhd]


Baca juga:
DALAMI SUMUR, MUKLIS DAN PERLIYANTO MENINGGAL KEHABISAN OKSIGEN
GILIRAN MAHASISWA DI AJAK 'CARI AMAN' OLEH ASTRA MOTOR SUMSEL
PENERIMAAN PEGAWAI RUMKIT PROVINSI HARUS UTAMAKAN SDM LOKAL
GUBERNUR INGATKAN PILKADA SERENTAK JANGAN TIMBULKAN BENIH KONFLIK
BAWA HARUM NAMA SUMSEL


Komentar Pembaca






Berita Populer

Panwaslu Itu Lembaga Atau Bukan? Kok Enteng Banget Keluarkan Pengumuman
Persiapan Tes Sekda OKU, Kadin Ini Rajin Baca Buku
Kasus PHK Sepihak Koran Sindo Siap Disidangkan