AS Jual Sistem Pertahanan THAAD Ke Saudi

Ragam  SABTU, 07 OKTOBER 2017 , 15:08:00 WIB

AS Jual Sistem Pertahanan THAAD Ke Saudi

THAAD/Net

RMOL. Pemerintah Amerika Serikat menyetujui penjualan sistem pertahanan rudal Terminal Ketinggalan Tingkat Tinggi Tingkat Tinggi atau Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD) ke Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa kesepakatan senilai 15 juta dolar AS tersebut telah mendorong kepentingan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Penjualan sistem tersebut akan meningkatkan keamanan Saudi. Pengumuman tersebut disampaikan sehari setelah Arab Saudi sepakat untuk membeli sistem pertahanan udara dari Rusia.

Dikabarkan BBC, sistem THAAD buatan Amerika Serikat dapat menghancurkan rudal yang masuk pada ketinggian di luar atmosfer bumi, sehingga membuatnya sangat berguna dalam melawan rudal yang mungkin membawa hulu ledak nuklir.

Sistem THAAD sendiri diproduksi oleh perusahaan AS Lockheed Martin

Saat ini negara lain yang juga menggunakan sitem THAAD adalah Korea Selatan. Seoul menggunakan sistem tersebut untuk melindungi diri dari kemungkinan serangan rudal dari Korea Utara.

Namun banyak warga Korea Selatan keberatan, karena khawatir sistem tersebut justru akan menjadi target dan membahayakan nyawa orang-orang yang tinggal di dekat lokasi peluncurannya seperti diberitakan RMOL (Induk RMOLSumsel), Sabtu (7/10).

China juga menyuarakan penolakan terhadap sistem tersebut, dengan mengatakan hal itu akan mempengaruhi keseimbangan keamanan regional.[rik]

Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00