RMOLSUMSEL

Home     


WASPADA! VIRUS PARVO ANCAM HEWAN PELIHARAAN SAAT PANCAROBA
RABU, 04 OKTOBER 2017 , 20:59:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

  

RMOL. Virus parvo adalah penyakit yang kerap menyerang hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Penyakit menular yang muncul saat pancaroba ini merusak bagian pencernaan dan dapat mengancam keselamatan hewan peliharaan.

Hewan peliharaan yang terkena penyakit ini memiliki ciri-ciri lesu, kurang nafsu makan serta bau feses atau kotorannya sangat pekat muntah-muntah dan berak darah.

"Kalau tidak cepat ditanggulangi penyakit ini bisa mengancam keselamatan hewan peliharaan dan berisiko kematian," ungkap Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih, Syamsurijal melalui Kabid Peternakan drh Hj Nora Gustina, Rabu (4/10).

Menurut Nora, hewan peliharaan gampang tertular penyakit ini saat pancaroba. Pergantian musim sering kali menyebabkan hewan mengalami kelemahan imun sehingga penyakit mudah menyebar.

"Pancaroba mengakibatkan ketahanan tubuh hewan berkurang sehingga hewan lain gampang tertular," ujarnya.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit ini, dirinya menghimbau agar pemilik hewan peliharan melakukan pencegahan seperti cara membersihkan kandang hewan dengan penyemprotan disenfektan, menyuntikan vaksin untuk kekebalan hewan dan menjaga asupan makanan hewan.

"Kalau sudah terinfeksi, harus segera dibawa ke dokter agar bisa diberi tindakkan pengobatan," tuturnya.

Sementara itu salah seorang pecinta anjing jenis PITBULL di Kota Prabumulih Sufyan Ats Aswari (24), menjelaskan bawasanya untuk memelihara hewan seperti anjing tidak la susah, salah satunya dengan menjaga kebersihan makanan, dan kebersihan kandang.

Selain memperhatikan dari kebersihan makan dan kebersihan kandang, pria yang akrab di sapa Fyan itu juga menambahkan perlunya menjaga kesehatan hewan peliharaan dengan memberikan suplemen vitamin yang cukup dan vaksinasi yang teratur.

"Ya tentunya kita sebagai pencinta anjing sangat memperhatikan betul masalah kebersihan makananan dan kebersihan kandang, di iringi dengan pemberian suplemen vitamin tiap bulannya dan juga vaksinasi" tambahnya.‎ [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Jalan Tol Palindra Diresmikan, Tahap Awal Gratis Lewat...
Dokumen Hardcopy Partai Perindo Ditolak KPU OKU, Kenapa?
Diskominfo Segera Fasilitasi Pembangunan Tower di Blank Sport