RMOLSUMSEL

Home     


PONPES RUTAN BATURAJA
PASANG TERPAL TAMPUNG WARGA BINAAN BERIBADAH
SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 16:45:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

  

RMOL. Pihak Rumah Tahanan (Rutan) klas IIb Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bersama warga binaan (narapidana) memasang tiang dari kayu yang berjarak sekitar 7 meter di kiri – kanan masjid. Kemudian membentangkan terpal untuk menahan hujan dan panas.

Kenapa itu dilakukan? Ini karena Masjid di dalam lingkungan Rutan tersebut tidak dapat menampung warga binaan untuk mengikuti bimbingan rohani ataupun ketika mengikuti shalat.

Kepala Rutan Baturaja, Herdianto, mengatakan bahwa kegiatan bimbingan rohani sudah menjadi santapan rutin bagi para penghuni Rutan Baturaja.

Hal itu sejalan dengan tekadnya yang ingin menciptakan suasana di Rutan mirip seperti suasana pondok pesantren.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Tahanan, Oktomi, mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan lingkungan Rutan yang kondusif, maka pihaknya menggandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU untuk melakukan bimbingan rohani kepada warga binaan.

“Alhamdulillah, Kemenag OKU menyambut sangat positif kegiatan ini,” ucap Oktomi.

Dikatakan, pihaknya rutin melaksanakan bimbingan rohani kepada warga binaan. Selain itu, pihaknya meminta warga binaan untuk shalat lima waktu serta membaca beberapa surah pendek Al Quran.

Kegiatan bimbingan rohani tersebut sengaja dicanangkan agar para warga binaan memiliki nilai lebih dan mendapat perubahan setelah nantinya kembali ke lingkungan masyarakat.

"Karena dari sekian banyak kasus yang dialami para warga binaan, adalah kasus yang memang perlu pembinaan mental,” tukas Oktomi.

Dalam kegiatan yang bersifat kerohanian tersebut, pihaknya juga mengajak pemuka agama memberikan bimbingan rohani kepada warga binaan. Tujuannya, agar warga binaan selalu dekat dengan penciptaNya.

“Kita jalin hubungan emosional secara kekeluargaan dengan warga binaan,” ucap alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan ini.

Herdianto berharap, melalui kegiatan bimbingan rohani, warga binaan selalu membangun sikap atau perilaku yang baik.

Salah satu warga binaan Rutan Baturaja, mengungkapkan, dirinya bersyukur dengan adanya kegiatan bimbingan rohani yang dilaksanakan pihak Rutan Baturaja.

Menurut dia, dengan kegiatan rohani inilah dirinya semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Cuman inilah (kegiatan rohani) oleh-oleh bagi saya kelak bagi keluarga saya,” ucap napi yang tersangkut kasus narkoba ini.[rik] 


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Panglima Bangga Anak Indonesia Juara Hafizh di Mekkah
Ini Replika Kotak Suara Raksasa yang Bakal Pecahkan Rekor Muri
Sedekah Bumi dan Wayang Kulit Harus Terus Dibudayakan