Pagaralam Sehat 2018

Pemkot dan KOTAKU Rutin Penyuluhan

Kesehatan  SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Pemkot dan KOTAKU Rutin Penyuluhan
RMOL. Program Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam yaitu Pagaralam Sehat 2018 terus digalakkan. Bahkan program tersebut didukung penuh oleh berbagai pihak. Bahkan tim Kota Tampa Kumuh (KOTAKU) juga memperhatikan program tersebut dalam beberapa kegiatan.

Seperti yang digelar tim KOTAKU Dempo Tengah, tim Kotaku ini mengelar kegiatan penyuluhan kesehatan dengan menghadirkan sejumlah narasumber untuk memberikan pendidikan cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Pantauan RMOLSumsel Senin (2/10) di Aula Kontar Camat Dempo Tengah. Puluhan peserta penyuluhan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan interaksi antara nara sumber dan penyuluh sangat terlihat. Bahkan sejumlah pertanyaan dilontarkan para peserta tengtang bagaimana menjaga kesehatan dilingkungan keluarga.

Narasumber dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pagaralam, Velly Violita mengatakan, perilaku hidup bersih sehat masyarakat harus dimulai dari lingkungan keluarga dulu.

"Contohnya agar hidup keluarga sehat, ayah jangan merokok didalam rumah dan berdekatan dengan anak-anak. Karena perokok pasif lebih beresiko terkena penyakit dibandingkan perokok aktif," jelasnya.

Selian itu diharapkan semua bagian keluarga dapat melakukan aktivitas olahraga paling sedikit dua kali sehari dalam seminggu.

"Harus ada kegiatan fisik meskipun hanya 30 menit perhari. Namun yang paling utama yaitu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah," katanya.

Hidup dan bersih sehat diawali dari prilaku masing-masing individu degan tidak buang air besar sembarangan dan tidak buang sampah sembarangan.

"Selian itu kita harus rutin memeriksakan kesehatan," tukasnya.

Sementara itu, Minang Apri Wijaya Fasilitator di 12 Wilayah Pencegahan Kecamatan Dempo Tengah mengatakan, selain merencanakan dan melaksanakan pembangunan infrastruktur, pihak Kotaku juga melakukan pembangunan mental masyarakat dalam mendukung program pemerintah untuk hidup sehat menuju kota tanpa kumuh.

"Jika infrastruktur serta mental hidup bersih masyarakatnya berjalan baik bisa dipastikan program pemerintah dapat didukung sepenuhnya untuk mewujudkan visi misi Kota Pagaralam Secerah Alam. Selian itu bisa mewujudkan visi dan misi Kementrian PUPR 0 persen permukiman kumuh," tegasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00