Teri, Ikan Kecil yang Lezat dan Punya Segudang Manfaat

Kesehatan  SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 12:15:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Teri, Ikan Kecil yang Lezat dan Punya Segudang Manfaat

ikan teri/net

RMOL.  Teri adalah ikan sangat kecil, yang dikenal hampir di seluruh penjuru Indonesia. Karena kecilnya, ikan ini terbilang sangat mudah diolah dan dimasak dan citarasanya sangat nikmat. Ternyata bukan saja rasanya yang lezat, ikan teri memberi sejuta manfaat bagi kesehatan manusia.

Ikan teri memberikan banyak manfaat kesehatan seperti yang dilansir situs kesehatan Klikdokter.Com yaitu:

1. Menjaga kesehatan jantung

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi adanya kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah arteri. Jika kadar kolesterol jahat bisa ditekan, maka peluang Anda terkena aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke akan berkurang. Namun hati-hati. Jika Anda punya penyakit hipertensi, ginjal, atau penyakit jantung, sebaiknya batasi konsumsi ikan teri yang sudah diasinkan.

2. Kesehatan kulit

Ikan teri memiliki kandungan Vitamin E dan mineral seperti selenium. Tambahkan ikan teri dalam menu harian Anda, karena dapat membuat kulit lebih halus, mencegah jerawat, dan mengurangi keriput yang terkait dengan penuaan dini. Selain itu, vitamin E pada ikan teri juga turut memperkecil risiko kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet matahari.

3. Kesehatan tulang


Kalsium dan vitamin A pada ikan teri berpengaruh positif pada pertumbuhan tulang, dan membuat ikan mungil ini bermanfaat dalam memerangi degradasi tulang. Kalsium pada ikan teri juga diketahui dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi sampai usia tua.

4. Kesehatan Mata

Kadar vitamin A yang tinggi pada ikan teri banyak dikaitkan dengan pengobatan degenerasi makula dan katarak. Dengan kata lain, ikan teri bermanfaat menjaga kesehatan mata Anda.

5. Menurunkan berat badan

Ikan teri memiliki jumlah protein yang signifikan dan jumlah kalori rendah. Ini membuat ikan teri ideal bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

6. Mencegah anemia

Ikan teri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pada setiap 100 gr ikan teri, terdapat 3,9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini bermanfaat untuk mencegah anemia, pusing, dan mempercepat proses penyembuhan luka. [ida]

Komentar Pembaca
Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

Koalisi Jokowi Mulai Pecah

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00