TELECONFERENCE WALIKOTA-PENGUSAHA PEMPEK

Di London Pempek Rp 85.000, Harnojoyo: Ini Peluang Pempek Go International

PEMKOT PALEMBANG  SENIN, 02 OKTOBER 2017 , 09:17:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Di London Pempek Rp 85.000, Harnojoyo: Ini Peluang Pempek Go International
RMOL. Keinginan Walikota Palembang Harnojoyo agar pempek Go Internasional semakin terbuka lebar. Karena orang nomor satu di Kota Palembang tersebut  melihat peluang dari hasil teleconfrence dengan pengusaha pempek di London Inggris tadi malam, Minggu (1/10).

Disampaikan Yudiawati kepada Walikota, selama 11 tahum menjadi pengusaha makanan khas tradisional di jantung Ibukota Inggris tersebut, pempek cukup diterima masyarakat disana.

Hal itu terlihat dari omzet penjualan yang didapatinya setiap bulan, yang mencapai 6.000 British Pound Sterling (GBP) atau sekitar Rp108 juta.

"Bisa dilihat begitu baik omzet makanan kita di luar negeri. Jika dihitung-hitung dari sewanya 3.000 GBP per tahun, artinya dalam satu tahu keuntungan yang didapat lebih dari 100%," jelasnya.

Harnojoyo berharap, para pengusaha pempek yang ada di Palembang dapat membaca peluang dari hasil teleconfrence yang diadakan di Galeri Industri Pempek Beringin itu.

Karena satu pempek kapal selam dijual di Warung Rumpi milik ibu Yudiawati seharga 5 GBP atau Rp 85.000. Artinya, hasil pempek yang berada di Palembang, cukup menjanjikan untuk diekspor ke mancanegara.

"Kita berharap ke depan akan muncul Yudiawati-Yudiawati lain di luar negeri. Apalagi tadi Yudiawati yang sukses menjadi pengusaha makanan khas Indonesia di London adalah mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Artinya, pengusaha pempek di Palembang yang ingin berinvestasi di luar, memiliki peluang yang sama dengan Yudiawati," imbuhnya.

Harnojoyo memastikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang siap mensupport pengusaha yang akan melebarkan usahanya hingga ke negara-negara tetangga.

"Kita akan support pengusaha pempek yang ingin agar usaha pempeknya Go Internasional. Seperti membantu perizinan melalui kantor duta besar negara Indonesia yang berada di perwakilan negara," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00