RMOLSUMSEL

Home     


INGIN UMUR PANJANG DAN SEHAT, IKUTI TIPS INI.....
MINGGU, 01 OKTOBER 2017 , 18:31:00 WIB

 RMOL. Apakah Anda sedang menjalani pola hidup sehat? Jika ya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat karena telah menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat.

Bahkan, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan pola hidup sehat bisa memperpanjang umur Anda.

Mengutip situs Health, hasil penelitian yang telah dipublikasikan tersebut menitikberatkan pada tiga kebiasaan untuk mendapatkan umur yang lebih panjang.

Pertama, para peneliti menyarankan untuk menghindari kebiasaan merokok. Kedua, Anda harus mengontrol berat badan agar tetap seimbang, serta tidak mengonsumsi alkohol.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut kemudian dikaitkan dengan penambahan harapan hidup hingga tujuh tahun. Di samping itu, penelitian menemukan orang yang menghindari tiga kebiasaan buruk tersebut memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

1. Merokok, picu masalah kesehatan.

Penelitian lain dari University of Michigan and the Max Planck Institute for Demographic Research, Jerman, juga menganalisis data terkait pola hidup masyarakat. Hasilnya, orang-orang yang tidak pernah merokok memiliki berat badan yang lebih stabil dan seimbang. Faktanya, mereka yang tidak merokok memiliki hidup lima tahun lebih panjang dibandingkan dengan orang yang merokok.

Menurut dr Resthie Rachmanta Putri MEpid, kebiasaan merokok memang dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit. Dalam satu batang rokok mengandung 7.000 zat kimia, dan 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik. Karsinogenik merupakan zat yang merusak gen dalam tubuh dan dapat memicu kanker, seperti kanker paru, emfisema (kerusakan paru), dan bronkitis kronik.

Merokok juga dapat memicu penyakit lain yang dapat merusak kesehatan, seperti pangerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, kemandulan,hingga impotensi.

2. Kiat berhenti merokok.

Agar memiliki pola hidup yang lebih sehat, Anda dapat menghentikan kebiasaan merokok dengan beberapa kiat. Pertama, Anda harus memiliki niat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Kemudian, beri tahu orang-orang di sekitar bahwa Anda akan berhenti merokok. Anda dapat meminta dukungan mereka dan menjauhi lingkungan para perokok. Lalu, carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh dan sediakanlah selalu permen di tas atau kantung celana Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perubahan kebiasaan tersebut juga harus diimbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik. Sebab, dengan menambahkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, Anda akan semakin merasakan manfaat sehat dan tentu memiliki umur yang lebih panjang.

Menjalani hidup sehat, dengan menjauhi ketiga hal tadi juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit khas di usia senja. Sebab, Anda telah terbiasa menjaga tubuh dan organ-organ di dalamnya tetap sehat. Tubuh yang sehat merupakan aset untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Nyatanya, merokok dan menjaga berat badan tetap seimbang adalah kunci yang dapat membuat Anda panjang umur. Ingat, rokok adalah kematian yang dapat dicegah. Sebelum terlambat, berhentilah merokok demi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Setelah itu, mulailah berolahraga, menjaga berat badan, dan menghindari alkohol. [ida/jpnn]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Jahe Merah Ampuh Atasi Gangguan Pencernaan, Mudah Lagi..
Agar Tidur Malam Nyaman dan Nyenyak, Ini Rahasianya...
Rekrutmen Peserta PBI BPJS Kesehatan Bermasalah, Gimana Mau Sehat?