RMOLSUMSEL

Home     


INI GAGASAN HARNOJOYO-FITRI UNTUK SEJAHTERAKAN MASYARAKAT
SENIN, 25 SEPTEMBER 2017 , 21:51:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

  

RMOL. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali akan mengucurkan bantuan dana usaha tanpa bunga dan tanpa agunan, bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang.

Program yang digagas oleh Walikota Palembang, Harnojoyo dan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda tersebut, untuk membangkitkan geliat UMKM di Kota Metropolis ini.

Kepada RMOLSumsel, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra (Kesejahteraan Rakyat), K Sulaiman Amin menyampaikan, sudah menjadi komitmen Pemkot Palembang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui UMKM.

Hal itulah yang membuat Walikota dan Wakil Walikota mengagas program bantuan dana usaha tanpa bunga dan agunan, untuk mendorong UMKM di Kota Palembang.

"Saat ini di seluruh kota Palembang sudah terdata 415 UMKM yang akan menerima bantuan sebesar Rp3 juta pada tahap awal. Pada November mendatang seluruh data akan rampung dan akan langsung di launching," jelasnya usai rapat bersama di ruang rapat Parameswara Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Senin (25/9/17).

Sulaiman menerangkan, pihaknya melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Kecamatan serta Kelurahan.

"Ini yang dibutuhkan masyarakat untuk mengembangkan usahanya. Menjadi komitmen Pemkot dalam kaitannya menciptakan kesejahteraan masyarakat," ulasnya.

Untuk teknisnya, sampai Sulaiman, pihaknya akan melibatkan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Dimana, dana tersebut akan diberikan langsung dalam bentuk buku tabungan, untuk meminimalisir resiko adanya permainan oknum yang memanfaatkan momentum ini.

"Nanti kami akan melibatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkot Palembang. Dan kami menghimbau pelaku UMKM tidak percaya dengan oknum yang mengatasnamakan pemerintah," imbuhnya.

Untuk besaran pinjamam yang akan diberikan, untuk pertama rencananya akan diberikan sebesar Rp3 juta. Dan itu akan bertambah menjadi Rp5 juta atau lebih jika dalam satu tahun progres dari usaha yang diajukan terlihat.

"Ini tidak bisa usaha baru yang sengaja dibuat untuk mendapatkan bantuan. Itu namanya mencurangi, karena itu kami punya tim yang melakukan verifikasi, sesuai instruksi walikota dana ini untuk meningkatkan geliat ekonomi di kota Palembang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palembang, Edwin Effendi menjelaskan pihaknya menggandeng Camat dan lurah untuk melakukan verifikasi terhadap usaha terkait. Karena pada prinsipnya, camat dan lurah yang paling paham wilayahnya.

"Persyaratan bisa dicari tahu di kantor camat dan lurah setempat. Jadi nantinya ditarget pada tahun 2018 ada 5000 UMKM yang dibantu pendanaannya . Ini yang kita harap dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di kota Palembang," jelasnya singkat.[rik]


Baca juga:
JR NBA BERI PELATIHAN BASKET DI PAGARALAM
HARNOJOYO DAN MUSISI PALEMBANG KOLABORASI BANTU ROHINGYA
OFFROAD PALEMBANG JADI AJANG SILATURAHMI DAN KOORDINASI FKPD
HARNOJOYO HADIRI KESENIAN KUDA LUMPING
SAMBUT TAHUN BARU HIJRIAH, RIBUAN BENDA PUSAKA DIMANDIKAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Camat Sukarami Coba Ubah Wilayahnya Dari Prostitusi Menjadi Pesantren yang Asri
IT I Pertahankan Rangking Realisasi PBB, Kemuning Merosot Ke Urutan 6
Ribuan Barisan Muda se-Sumsel Gotong Royong Bersama Harnojoyo