RMOLSUMSEL

Home     


SEKDA KAGUMI KIPRAH SENIMAN ANNA KUMARI
MINGGU, 24 SEPTEMBER 2017 , 07:55:00 WIB

  

RMOL. Provinsi Sumatera Selatan merupakan provinsi yang kaya akan ragam seni budaya seperti tari, musik dan teater tradisional. Misalnya saja, dari beberapa sanggar seni yang ada di Sumsel seperti Sanggar Anna Kumari yang merupakan salah satu sanggar seni yang komit terhadap pelestarian seni budaya Palembang. Terbukti dengan kiprahnya dalam pelestarian seni budaya Palembang sudah 54 tahun lamanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar merasa kagum atas kiprah seniman Anna Kumari. Sepanjang 54 tahun terakhir sudah banyak karya-karya yang dihasilkan dalam pengkayaan seni di Sumsel khususnya di Palembang. Bahkan dirinya berharap Sanggar Anna Kumari dapat ikut menjaga kelestarian budaya Sumsel, mengembangkan dan mentransfernya kepada generasi muda.

"Kami harap Sanggar Anna Kumari mampu menggali dan mengembangkan potensi seni budaya yang ada, tidak hanya di Palembang tetapi juga di Sumsel guna menunjang program pemerintah di bidang pengembangan budaya,"ujarnya pada acara Malam 54 Tahun Sanggar Anna Kumari Berkarya dalam Kemilau Budaya Palembang Sumatera Selatan 2017 di Griya Agung, Sabtu (23/9).

Lebih jauh kata Nasrun tidak lama lagi Provinsi Sumsel akan menghelat pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018. Dalam ajang ini tentu juga pariwisata dan seni budaya harus ikut bersiap. Adanya Sanggar Anna Kumari yang telah siap dengan SDM dan produk seninya tentu akan sangat menunjang pelaksanaan Asian Games tersebut.

"Pemprov Sumsel sangat gembira di selenggarakanya kegiatan 54 tahun Sanggar Anna Kumari berkarya yang bertajuk Kemilau Budaya Palembang 2017. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menginspirasi sanggar seni lainnya bagi pengembangan berkesenian dan pelestarian kebudayaan di Sumsel,"pungkas Nasrun.

Sementara itu, Ketua Sanggar Anna Kumari mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan juga Hj Eliza Alex Noerdin yang sudah mendedikasi kegiatan ini. Di samping itu, Anna juga menyampikan terima kasih kepada para alumni Sanggar Anna Kumari dari berbagai daerah seperti Bengkulu, Pagaralam, Bekasi, Bandung, Surakarta dan Semarang.

"Saya tidak menyangka mereka akan datang, saya sangat merasa terharu dan bangga atas kehadiran mereka yang begitu sangat mencintai sanggar tari ini. Dan saya akan selalu berjuang mengembangkan dan melestarikan seni budaya Palembang," katanya.

Selain itu, pada malam 54 tahun Sanggar Anna Kumari ini, berbagai hiburan tari dan seni ditampilkan seperti tari zapin tradisional, lagu rindu palembang, peragaan busana palembang sumsel modifikasi, tari selendang mayang, lagu tiga malam oleh Anna Kumari dan puisi musikal oleh Yos Ilyas.[rel/rik]


Baca juga:
PERINGATAN HARHUBNAS 2017
SUMSEL KOMITMEN JADI DAERAH TERBAIK
PEMKOT PALEMBANG SOSIALISASIKAN CARA LELANG BARANG MILIK NEGARA
BEYONCE TAMPIL SEKSI DI ACARA AMAL
SEKDA BERI TIGA KUNCI MENGGAET KONSUMEN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Pangdam II Ajak Umat Islam Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan
Metode Tingkatkan Minat Baca, Sekolah ini Sediakan Gerobak
Narkoba Marak, Pesta Malam Akan Dibatasi