RMOLSUMSEL

Home     


BENTUK PPK DALAM WAKTU DEKAT, TAPI KPUD MASIH BINGUNG
KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 11:25:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

  

RMOL. Menghadapi Pilkada Gubernur Sumsel 2018 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam waktu dekat akan membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner KPU OKU, Erwin Suharja mengatakan, rencananya pembentukan PPK ini akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

Namun, diakui Erwin, saat ini bisa dikatakan mereka masih bingung dan belum bisa memastikannya.

Bukan karena persiapan untuk pembentukan, melainkan masih menunggu petunjuk PKPU terkait berapa orang jumlah anggota PPK per Kecamatan. Apakah masih dibutuhkan lima orang per kecamatan, atau merujuk pada aturan baru yakni 3 orang anggota PPK per Kecamatan.

"Petunjuk ini yang masih kita tunggu dari PKPU nantinya. Ya benar bisa dikatakan kita masih galau terkait hal ini," ujar Erwin.

Mengapa demikian? Dijelaskan Erwin, sesuai dengan UU No 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, menetapkan atau mengatur jumlah PPK sebanyak 5 orang perkecamatan.

Namun sekarang ini ada aturan baru, yakni UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yang mengatur atau menyatakan jumlah PPK per Kecamatan sebanyak 3 orang.

"Ini yang belum bisa kita pastikan. Apakah Anggota PPK per Kecamatan tetap sebanyak 5 orang atau merujuk ke aturan baru sebanyak 3 orang anggota PPK per Kecamatan. Intinya mengenai hal ini kita masih menunggu petunjuk PKPU," tegas Erwin. [yip]


Baca juga:
KPU LAHAT REKRUT PPK DAN PPS SERENTAK
DI OKU, LAPANGAN UPACARA DIJADIKAN TERMINAL SEKALIGUS PASAR BUAH
TANPA PARPOL, CAWAKO WAJIB DIDUKUNG 74.361 PEMILIH
KPU BELUM TERMONITOR ADA TIDAKNYA CAGUB PERSEORANGAN
DEWAN RAPAT, MASSA PEDULI ROHINGYA MERANGSEK, BEGINI JADINYA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Rakerda PAN Kacau, Herman Deru 'Balik Belakang'
Ketua PAN Didesak Mundur, Eko: Legowolah, Itu Lebih Terhormat!
Bertekad Menang Besar Pilkada 2018, Demokrat Ajukan Nama-nama Beken