RMOLSUMSEL

Home     


IPAL BANTUAN AUSTRALIA SIAP DIBANGUN
RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 20:57:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

  

RMOL. Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala perkotaan di kawasan Sungai Selayur akan segera dilaksanakan. Melalui penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Nomor Perjanjanjian 05/SPK-IPAL/APBD-DPUR/2017, hari ini, Rabu (13/9/17), pembanguan yang akan memakan dana sebesar Rp1,2 triliun tersebut, akan dklakukan pekerjaan secara bertahap melalui hibah Pemerintah Australia.

"Pemkot diberikan bantuan cuma-cuma oleh Pemerintah australia dalam mengembangkan IPAL perkotaan, bantuan ini sebesar 45 juta Australian Dollar atau Rp500 miliar," jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Syaiful BY.

Pria yang sudah malang melintang di Dinas Pekerjaan Umum baik Provinsi Sumsel hingga Pusat ini menyampaikan, aecara teknis pembangunan tidak ada kendala lagi, baik dari lahan atau administraai lain.

"Hibah ini diawali dengan penanda tanganan  surat perjanjian pekerjakan konstruksi,  pembangunan IPAL dan reklokasi IPAL (paket  A1) Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni antara Pihak konsultan dari KIAT," sampainya.

Lebih lanjut disampaikan Syaiful, kegiatan tersebur nilainya Rp1,2trilyun rupiah termasuk Anggaran Pemdapatan Belanja Negata (APBN) dan APBD. Pembangunan sendiri akan dibangun diatas lahan 5,7 hektare, dimana pembangunan diperkirakan akan berlangsung hingga 2022.

"Pemerintah tengah melakukan sosialisasi rencana pembangunan tersebut, termasuk relokasi warga agar bisa berjalan sesuai rencana.  Masih ada beberapa persil yang belum dibebaskan," ulasnya.

Untuk merealisasikan pembangunan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sudah merampungkan pembuatan Detailed Enginering Desain (DED) sambungan rumah tangga.

"Beberapa tahapan telah dirampungkan, untuk membuat 22.000 sambungan rumah tangga dalam konteks semakin meningkatkan akses air bersih masyarakat perkotaan. Mudah-mudahan tidak ada halangan lagi," ucapnya.

Kemudian yang tak kalah penting dalam tahapan itu yakni kesepakatan mengenai skema pendanaan sistem reimburse. Untuk itu, pendanaan akan menggunakan kombinasi antara dana APBD dan APBN untuk kemudian diganti oleh Australia setelah menyelesaikan proses pelaporan.

"Dengan hadirnya IPAL perkotaan ini, diharapkan air sungai menjadi lebih jernih karena telah melalui proses penyaringan sebelum dibuang ke sungai. Dampak positif lainnya, pekerjaan PDAM Tirta Musi akan lebih ringan dalam permurnian air bakunya," tandasnya. [yip]



Baca juga:
IPAL SKALA PERKOTAAN DIWUJUDKAN HARNOJOYO
PDAM TIRTA MUSI TERUS TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN
GARA-GARA PLN DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM ALAMI GANGGUAN
AJAK LEGKIPALIGES DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH
LEGKIPALIGES BANYAK LAHIRKAN TOKOH PENTING


Komentar Pembaca






Berita Populer

Cek Sentra Tahu-Tempe, Fitri Pastikan Sumber Protein Bebas Formalin
Harnojoyo Tangkap Peluang Investasi dari 10 Pengusaha Korea
Sudah Bebastugaskan Lurah Pakjo, Harnojoyo: Tak Ada Ampun bagi Pengguna Narkoba