RMOLSUMSEL

Home     


PELAJAR TEWAS DI GALIAN TAMBANG PT BA
RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 17:15:00 WIB

RMOLSUMSEL
  

RMOL.Eks galian tambang batubara PT BA Tbk Tanjung Enim menelan korban jiwa. Seorang pelajar SD bernama Ruli Muhsah (10),warga RT 7a, Desa Tegal Rejo, Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul,  tewas tenggelam di lokasi eks tambang batubara Pit 3 Bangko Barat milik   PT BA Tanjung Enim, Selasa (12/9) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kejadian itu bermula Selasa (12/9) sekitar pukul 13.30 WIB, korban bersama 7 temannya  satu sekolah berangkat bersama sama  dengan berjalan kaki menuju RT 14 Desa Tegal Rejo. Mereka hendak menonton kesenian reog.

Saat itu, teman korban bernama Dimas dan Arya, merencanakan hendak pergi ke balong atau kolam eks galian tambang  tambang batubara Pit 3 Bangko Barat milik PT BA. Kolam eks galian tambang itu lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga Desa Tegal Rejo.

Setelah sampai di lokasi eks galian tambang itu, korban bersama 5 orang temannya mandi di kolam bekas galian tambang tersebut. Ketika mandi, diduga korban tidak bisa berenang sehingga tenggelam ke dasar kolam.

Melihat kejadian itu, teman korban bernama Rafli, menjadi panik dan langsung pulang kerumah orang tua korban memberitahukan kejadian tersebut. Atas informasi itu,  orangtua korban bersama warga beramai ramai menuju kolam eks tambang tempat korban mandi.

Warga berupaya mencari korban dengan cara menyelami dasar kolam tersebut. Upaya yang dilakukan warga membuahkan hasil. Sekitar pukul 15.00 WIB, warga berhasil menemukan korban dalam kondisi sudah meninggal dunia.  Korban langsung dibawa pulang orang tuanya untuk disemayamkan.

Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan Sik melalui Kasubag Humasnya, AKP Arsyad, ketika dikonfirmasi, Rabu (13/9)  membenarkan kejadian itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Dwi Windarti SH MHum, menyesalkan kejadian tersebut. “Ini terjadi akibat galian eks tambang PT BA itu tidak diberikan pagar pengaman. Sehingga masyarakat dengan mudahnya bisa masuk ke lokasi tambang. Karena lokasi tambang itu cukup dekat dengan pemukiman warga,”tegasnya.

Seharusnya, lanjutnya, pihak PT BA, dapat memberikan pengamanan dan pengawasan terhadap semua eks galian tambang batubara yang berada di sekitar pemukiman warga. Sehingga warga tidak bisa leluasa masuk ke dalam lokasi tersebut.[sri/edwinsyah]


Baca juga:
MAIN BOLA DEKAT STASIUN, PELAJAR TEWAS DITUJAH SATPAM
DATANG KE DESA INI, WAKIL GUBERNUR DISAMBUT ISTIMEWA
SEMEN BATURAJA TANDATANGANI KONTRAK JANGKA PANJANG DENGAN PT BA
MAHKAMAH AGUNG KABULKAN KASASI PT BA KASUS PHK
TRAGIS! KECELAKAAN DI JALINSUM TELAN KORBAN JIWA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kira-kira, Seginilah Besaran Gaji PPK
Gubernur Sumsel Promosikan JSC di Konferensi Internasional
Los Pasar Induk Bukan Milik Pedagang, Wabup: Saya Tahu..