RMOLSUMSEL

Home     


PRIORITASKAN CEGAH KARHUTLAH, KAPOLDA: BUKAN TAKUT DICOPOT
RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 14:21:00 WIB
LAPORAN: AAN WAHYUDI

NET
  

RMOL Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Irjen Pol Zulkifli Adinegara mengaku pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) menjadi prioritas utama yang harus dilakukan.

"Kami peduli lingkungan, bukan takut diancam karena dicopot," ungkapnya usai usai menghadiri penandatanganan MoU Minamata Plantation dengan Universitas Sriwijaya dan membentuk Desa Mandiri Peduli Api di Palembang, Rabu (13/9).
Kapolda menambahkan, pihaknya bersama dengan TNI dan seluruh pihak telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Diantaranya, membuat sekat kanal, menyebarkan pamplet atau maklumat Kapolda mengenai larangan membakar hutan dan lahan.

"Membakar dilarang Undang-Undang (UU) dan ada ancaman hukumannya," tegasnya.

Dalam UU, menurut Kapolda, juga mewajibkan perusahaan dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. "Pidana jika lalai. Penegakan hukum, dilakukan baik perorangan  atau korporasi," imbuhnya.

Meski dalam UU membolehkan, kegiatan membakar lahan dengan areal kurang dari 2 hektar. Kapolda menegaskan, pihaknya akan bertindak tegas terhadap siapapun, baik perorangan atau korporasi yang terbukti merusak lingkungan.

"Tidak alasan, walau ada ketentuan 2 hektar boleh. Tapi, jika merusak lingkungan bisa dikenakan pasal kerusakan lingkungan," [sri]


Baca juga:
PENTINGNYA PENDIDIKAN KARHUTLAH SEJAK DINI
PBB BANTU SUMSEL
KASUS KEJAM, INI PENYEBAB MOBIL-MAYAT EDWARD DITEMUKAN DI TEMPAT BERBEDA.
KASUS KEJAM, INI PENYEBAB MOBIL-MAYAT EDWARD DITEMUKAN DI TEMPAT BERBEDA.
TANGGUH, KAPOLDA SUMSEL DAN KASDAM II SWJ LINTASI 'DUA ALAM' BANYUASIN


Komentar Pembaca






Berita Populer

SO: Kami Sepakat Tegak Lurus Tidak Bergeser Seujung Rambutpun
Nasdem Goyang, Kader: Saya Cinta pada Person, Bukan Cinta Nasdem
Yang Diakomodir "Orang Bawaan" Dan...., Benarkah?