TP PKK Sumsel Dorong Kader Pangan Berkreativitas

PEMPROV SUMSEL  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 13:40:00 WIB

TP PKK Sumsel Dorong Kader Pangan Berkreativitas
RMOL. Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berkerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel, memberi pelatihan kepada 80 peserta dari Kabupaten/Kota se-Sumsel terkait pengolahan hasil perikanan yang bernilai tambah bagi kader pangan. Bertempat di Rumah Milik Rakyat Sumsel Griya Agung, acara berlangsung selama dua hari, Selasa (12/09).

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj. Tartilah Ishak menuturkan, pelatihan ini untuk menggali kreatifitas dalam mengolah produk perikanan dan kelautan dengan baik dan benar. Ikan yang mengandung protein tinggi lebih kurang 20% dimana saat ini menyumbang 60% dari kebutuhan total protein hewani.  

"Ikan juga mengandung berbagai macam mineral yaitu Calcium dan Lodium dan beberapa vitamin yang dapat larut dalam lemak, sehingga sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak," tuturnya.

Secara khas kandungan dalam ikan, dikatakan Tartilah, terdapat senyawa omega tiga dan berbagai jenis asam lemak tidak jenuh termasuk DHA yang memegang peranan penting dalam pembentukan sel-sel otak untuk meningkatkan intelegensia.

"Kualitas dan mutu produk dapat ditingkatkan atau minimal dipertahankan dengan melakukan penangan ikan yang baik dan benar dengan memperhatikan higienitas ikan mulai dari ikan setelah ditangkap, diangkut, dibersihkan yang kemudian diolah," terangnya.

"Diharapkan dengan langkah-langkah sinergis ini konsumsi ikan per kapita akan dapat ditingkatkan sehingga program perbaikan gizi masyarakat akan dapat segera terwujud sehingga mendorong kenaikan peringkan Human Development Index (HDI) Indonesia," pungkasnya.

Selain materi umum tentang gizi ikan, kegiatan ini juga diiringi materi praktek tentang pengolahan ikan, seperti pengolahan produk prikanan antara lain membuat kaki naga, bakso ikan, pudding ikan dan nugget ikan.[rel/rik]

Komentar Pembaca
Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

KPK Berani Periksa Puan?

KPK Berani Periksa Puan?

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 09:00:00

TGPF Novel Tergantung Jokowi

TGPF Novel Tergantung Jokowi

KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00