RMOLSUMSEL

Home     


BESOK, PENGUMUMAN HALIMAH JACOB SEBAGAI PRESIDEN KE-8 SINGAPURA
SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 12:11:00 WIB

HALIMAH YACOB/NET
  

RMOL. Halimah Yacob akan menjadi presiden ke-8 Singapura dan wanita pertama yang memegang poisisi sebagai kepala negara.

Kepala Eksekutif Otoritas Pasar Energi, Ng Wai Choong akan mengumumkan terpilihnya Halimah sebagai presiden pada Hari Nominasi, besok (Rabu, 13/9).

Halimah akan menggantikan Tony Tan yang telah menjabat selama enam tahun. Masa jabatan Tony berakhir 31 Agustus lalu. Tidak akan ada jajak pendapat dan Halimah akan mulai menjalankan tugasnya sebagai presiden pada Kamis lusa.

Elections Department (ELD) mengatakan, Community Committee mengeluarkan tiga Sertifikat Komunitas Melayu, sedangkan Presidential Elections Committee (PEC) memutuskan untuk menerbitkan satu sertifikat kelayakan. Namun PEC dan ELD menolak mempublikasikan kandidat-kandidat yang gagal, sebagaimana rekomendasi dari Komisi Konstitusional. Kecuali, seperti dikutip dari New Straits Time, bagi kandidat bersangkutan diberi kebebasan mengumumkan ke publik.

Pemilihan Presiden Singapura tahun ini telah dipesan untuk komunitas melayu, menyusujl perubahan skema pemilihan presiden oleh Parlemen pada akhir November lalu.

Perubahan memungkinkan pemilihan diperuntukkan bagi etnis tertentu yang tidak memiliki perwakilan terpilih selama lima periode berturut-turut. Presiden Yusof Ishak adalah presiden pertama Singapura dan satu-satunya orang Melayu yang telah memegang jabatan tersebut sampai dia meninggal pada tahun 1970.[wid]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ikutilah! Jalan Sehat Ini Berhadiah Umroh dan Motor
Jangan Dijual, Batu Akik Jenis Ini Sudah Langka
Harmoni Khatulistiwa Harumkan Nama Indonesia