Sumsel Selalu Siap, Asian Games 2018 Bakal Sukses

Ragam  SELASA, 12 SEPTEMBER 2017 , 10:41:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Sumsel Selalu Siap, Asian Games 2018 Bakal Sukses

Emilia Sutrisnawati

RMOL. Penyelenggaraan multi event olahraga regional negara-negara Asia, Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta tinggal menyisakan waktu kurang dari satu tahun.

Semakin dekatnya waktu pelaksanaan juga telah ditandai dengan acara Countdown (hitung mundur) Asian Games 2018 yang diselenggarakan di dua lokasi berbeda tuan rumah penyelenggara, 18 Agustus lalu.

Di Ibukota DKI Jakarta, Countdown Asian Games dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas). Sementara di Palembang kegiatan dilakukan di pelantaran Benteng Kuto Besak (BKB).

Dari acara ini, muncul berbagai harapan dan rasa optimisme bahwa pelaksanaan Asian Games kedua di Indonesia akan berlangsung lebih sukses. Terutama di kota Palembang yang baru pertama kali menyelenggarakan Asian Games.

Salah satu yang sudah tidak sabar ingin menyaksikan berbagai pertandingan di sejumlah cabang olahraga (Cabor) di Ibukota Sumatera Selatan (Sumsel) adalah Emilia Sutrisnawati.

Meski tidak akan tampil di Asian Games, namun atlet Squash peraih medali Perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat (Jabar) 2016 itu sangat antusias ingin menyaksikan pertadingan internasional yang menampilkan para atlet terbaik di berbagai negara Asia.

Dia juga turut mendoakan para kolega yang akan tampil membawa nama negara agar dapat mempersembahkan penampilan terbaik demi meraih prestasi tertinggi di level Asia.

"Di Asian Games saya tidak akan tampil. Tapi saya sudah tidak sabar untuk melihat penampilan di berbagai cabor. Terutama di Palembang ya karena ini merupakan yang pertama selain di Ibukota," kata dia, Selasa (12/9).

Dengan waktu yang sudah sangat singkat, dia optimis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dapat mempersiapkan diri secara matang. Terlebih, semua infrastruktur yang dikerjakan sebagai sarana penunjang Asian Games saat ini sudah hampir rampung.

Seperti Light Rail Transit (LRT) yang secara bentuk fisik nampak terlihat bangunan tersebut akan rampung tepat waktu. Demikian juga dengan dua jembatan penghubung wilayah Seberang Ulu dan Ilir, Musi IV dan IV, yang pembangunannya sudah lebih dari 50 persen.

Sementara untuk jembatan Fly Over Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II dan Simpang Keramasan, sepertinya tidak membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk merampungkan pembangunan.

Termasuk juga dengan sejumlah venue yang sedang dilakukan renovasi maupun yan baru di bangun. "Saya lihat sarana penunjang tidak ada masalah. Dari bentuk fisik bangunan nampaknya akan selesai tepat waktu," ujarnya.

Bagi wanita berusia 18 tahun, Pemprov Sumsel sudah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan olahraga multi event, baik di level nasional maupun internasional.

Kesuksesan di SEA Games 2011 dapat dijadikan acuan bahwa Sumsel selalu siap menjawab tantangan. Dengan waktu yang lebih singkat dan sejumlah venue yang dibangun dari nol, Pemprov Sumsel tetap mampu melaksanakan event dengan sangat baik.

Dari SEA Games 2011, Palembang bahkan memiliki identitas baru sebagai kota olahraga. Terlebih di Jakabaring yang dulunya terkenal sebagai kawasan rawa dan kumuh kini sudah menjadi salah satu destinasi wisata.

Pemprov Sumsel berhasil menjadi kawasan Jakabaring terkenal dengan keberadaan kompeks Jakabaring Sport City (JSC) sebagai kawasan terpadu pusat berbagai venue olahraga.

Disana, selain Stadion Gelora Sriwijaya, juga terdapat belasan venue lainnya. Seperti Venue Ski Air, Tenis, Bulutangkis, Senam, Atletik, Menembak, Sepatu Roda, Voli Pantai hingga Panjat Tebing.

"Sebelum ada JSC, Sumsel masih bisa mempersiapkan diri dengan sangat matang. Apalagi sudah ada JSC yang semua venue disana standar internasional. Sumsel justru lebih siap. Dan ini juga menjadi modal kepercayaan pemerintah yang sering menunjuk Sumsel," ujarnya. [yip]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00