RMOLSUMSEL

Home     


DPD: INDONESIA BERPERAN PENTING JAGA PERDAMAIAN ASEAN
SENIN, 11 SEPTEMBER 2017 , 19:37:00 WIB

  

RMOL. Indonesia sebagai negara yang berisi multi agama, ras dan budaya dapat menjadi contoh kerukunan bagi Myanmar.

DPD RI menggali informasi lebih dalam tentang fakta, latar belakang, dan tinjauan kemungkinan di masa depan. Juga melihat kemungkinan pengaruh konflik di Myanmar terhadap Indonesia pada umumnya, dan khususnya terhadap provinsi yang paling dekat dengan daerah bergolak seperti provinsi-provinsi di Aceh, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

"Kita harus hati-hati dalam menyikapi permasalahan kemanusiaan ini, kita harus melihat dari sisi masalah kemanusiaan internasional yang terjadi di Myanmar, bukan dari etnis dan agama saja. Saya kira Indonesia mampu menjadi leading untuk membantu menyelesaikan permasalahan di sana, karena ini juga amanat konstitusi," jelas Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis, di Komplek Parlemen, Jakarta  seperti diberitakan RMOL.Co, Senin (11/9).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPD Nono Sampono menambahkan bahwa jangan sampai krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar menjadi masalah trans nasional tetapi mengakibatkan dampak di negara kita.

"DPD RI dapat mendorong pemerintah untuk lebih terlibat jangan sampai dampak di sana akan mengakibatkan dampak lainnya di Indonesia. Saya kira hadirnya Indonesia di Myanmar memperlihatkan di mana posisi Indonesia bahwa kita juga mempunyai peranan penting menjaga perdamaian di kawasan ASEAN," tegasnya. [ida] 


Baca juga:
SELESAIKAN MASALAH ROHINGYA, TEKANAN HARUS KE MIN AUNG HLAING
PEMPROV DKI EVALUASI RS MITRA KELUARGA
JOKOWI ANULIR KEHENDAK WARGA JAKARTA DENGAN TERBITKAN HGB PULAU D
KAPOLRI: GAWAT NIH KAWAN SATU INI
MPR: AKSI BELA ROHINGYA KOK DIBILANG POLITIS...?


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ida Fitriati Jadi Calon Tunggal PBB
Orang Ini Disebut Juara 1 Koruptor di Indonesia
Dua Penguasa Pagaralam Bersaing Tunggu SK PBB