Sumur Kering, Permintaan Droping Air Bersih Meningkat

Sosial  MINGGU, 10 SEPTEMBER 2017 , 21:15:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Sumur Kering, Permintaan Droping Air Bersih Meningkat

Ilustrasi/net

RMOL. Musim kemarau yang mulai melanda wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam beberapa pekan terakhir, membuat sebagian masyarakat di bumi sebimbing sekundang kesulitan mendapatkan air bersih.

Betapa tidak, sumur-sumur sebagian warga seperti halnya di wilayah Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja, mengalami kekeringan. Kalaupun masih ada air, kondisinya tidak bersih lagi.

Nah, di sisi lain, kondisi tersebut rupanya membawa berkah tersendiri bagi sejumlah masyarakat lainnya. Ya, saat inilah para penjual air bersih mulai kebanjiran pesanan.

Warga yang kesulitan air bersih, tidak jarang mereka harus membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti masak, mandi hingga cuci kakus.

Berkah kemarau ini salah satunya dirasakan Jioto, warga Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja. Ia kebanjiran pesanan permintaan akan air bersih.

Dengan menggunakan kendaraan jenis pick up yang dilengkapi dua buah tangki berukuran 500 liter, ia rutin medroping pesanan air bersih ke rumah-rumah warga. Untuk satu tangki air bermuatan 500 liter, ia mematok harga Rp70 ribu.

“Biasanya dalam satu hari hanya ada dua atau tiga warga yang memesan air. Tapi saat kemarau ini, bisa lima sampai enam kali mengantar pesanan air bersih ke rumah warga,” ungkap dia.

Peningkatan permintaan air bersih ini kata dia, sudah terasa sejak pertengahan Juli lalu, dimana ketika itulah banyak sumur warga yang sudah mulai kering.

Lalu dari mana air bersih yang dijualnya itu? Rupanya, air bersih yang dijual Jioto berasal dari sumurnya sendiri yang tidak pernah kering saat kemarau.[sri]




 

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00