RMOLSUMSEL

Home     


DISERANG BADAI, LIMA PRESIDEN AMERIKA BERSATU
SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 15:15:00 WIB

FOTO/NET
  

RMOL. Badai Harvey yang melanda Amerika Serikat telah menyatukan lima eks presiden Negeri Paman Sam. Kelimanya bahu membahu menggalang dana untuk korban badai negara bagian Texas dan Lousiana bulan lalu.

Kelima eks presiden itu adalah Jimmy Carter, Bill Clinton, Barack Obama, George HW Bush serta George W Bush. Mereka meluncurkan program yang disebut "One America Appeal" atau "Seruan Amerika Satu".

Kelima mantan presiden tampil dalam program yang disebut "Sahabat-Sahabat Kita di Texas" yang disiarkan dalam acara pertandingan olahraga football profesional melalui televisi Kamis malam. Donasi online akan dilakukan melalui OneAmericaAppeal. org, sebuah website telah diluncurkan oleh Yayasan Perpustakaan Presiden George HW Bush. Demikian dikutip dari Telegraph, kemarin.

Bagi keluarga Bush, ancaman Harvey sangat nyata mengingat kediaman Bush senior terletak di Houston, sementara Bush junior tinggal di Dallas. Keduanya merupakan wilayah terdampak badai.

Sumbangan yang ditujukan untuk membantu korban Harvey kelak akan didistribusikan ke the Houston Harvey Relief Fund dan the Rebuild Texas Fund. Menurut situs mereka, pembangunan kembali di Texas membutuhkan dana sekitar 44 juta dolar AS atau sekitar Rp 582 miliar.

Selain untuk korban badai Harvey, donasi yang digalang kelima eks presiden Amerika ini juga akan diperluas kepada korban badai Irma di Florida dan wilayah lainnya. Badai Irma datang ke Florida setelah badai Harvey, setelah menghancurkan wilayah Karibia terlebih dahulu.

Sementara, Presiden Donald Trump menyatakan dukungannya terhadap inisiatif para pendahulunya. Seperti biasa, hal tersebut disampaikannya melalui akun pribadinya di Twitter.

"Kita akan menghadapi tantangan apa pun, tidak peduli seberapa kuat angin atau tingginya air. Saya bangga berdiri dengan para presiden untuk #OneAmericaAppeal," kicau Trump sebagaimaan diberitakan RMOL (induk RMOLSumsel), Sabtu (9/9).

Inisiatif ini merupakan kolaborasi pertama yang dilakukan para eks presiden dan upaya bersama perdana yang mereka lakukan sejak Trump berkuasa Januari 2017.

Sebelumnya, Bush senior dan Clinton diketahui bersama-sama memberikan donasi pascamusibah gempa dan tsunami tahun 2004 dan Badai Katrina tahun 2005. Sementara itu, pada 2010 Obama menggandeng Clinton dan Bush junior untuk menggalang dana bagi korban gempa besar yang mengguncang Haiti.

Badai Harvey, badai besar pertama yang mendarat di Amerika pasca-Badai Wilma tahun 2005 telah memicu banjir meluas di Houston dan sejumlah wilayah lainnya. Badai yang datang dari arah lepas pantai pada 25 Agustus 2017 adalah badai paling dahsyat yang pernah menghantam kawasan Texas dalam kurun waktu lebih dari 50 tahun.

Badai juga memicu rusaknya lebih dari 200 ribu rumah yang berdiri di sepanjang 480 kilometer, dan membuat satu juta orang kehilangan tempat tinggal. Badai juga menewaskan setidaknya 71 orang.

Gubernur Texas Greg Abbott menyebut, nilai kerusakan akibat badai Harvey mencapai 180 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 2.380 triliun. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding saat terjadi Badai Katrina.[rik]


Baca juga:
PKS: LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MENGGELAR KTT DARURAT ASEAN
WOW..LIMA EKS PRESIDEN AMERIKA BERSATU
RINI SOEMARNO BIKIN CAPEK SRI MULYANI
MOBIL LISTRIK SWAKEMUDI MILIKI JANGKAUAN TEMPUH 400 KM
INDONESIA HARAPAN DUNIA DALAM PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ikutilah! Jalan Sehat Ini Berhadiah Umroh dan Motor
Jangan Dijual, Batu Akik Jenis Ini Sudah Langka
Harmoni Khatulistiwa Harumkan Nama Indonesia