RMOLSUMSEL

Home     


PRESTASI YANG HADIR DARI KAKI DAN TANGAN
SABTU, 09 SEPTEMBER 2017 , 09:55:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

AULIA AMANDA/RMOLSUMSEL
  

RMOL. Bagi seorang pelajar, mempunyai kegiatan lain di luar jam sekolah bukanlah sesuatu yang mudah. Kesibukan yang padat setiap harinya, terkadang membuat seorang siswa sulit mengatur waktu dan lupa dengan tugas utamanya untuk belajar.

Hal ini kerap dialami sejumlah pelajar. Kesulitan mengatur waktu sangat berpengaruh terhadap pencapaian prestasi di pendidikan formal. Namun nyatanya, hal itu tidak berlaku pada Aulia Amanda.

Siswi kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15 Palembang ini membuktikan mampu mengatur waktu antara kewajiban belajar dengan aktivitas di bidang olahraga.

Bagi dara kelahiran Palembang 13 Mei 2000 itu, meluangkan waktu yang singkat di sela-sela jam belajar bukanlah perkara sulit. Meski diakui juga tidak gampang memecah fokus agar dapat berprestasi di setiap bidang yang dia geluti.

"Sesibuk apapun kegiatan kita di luar sekolah tidak akan membuat prestasi turun kalau bisa mengatur waktu. Karena setiap kegiatan punya porsinya masing-masing," kata Aulia, Sabtu (9/9).

Kekosongan waktu di luar jam sekolah biasanya diisi Aulia dengan latihan Bulutangkis. Sejak kecil aktivitas nepok Bulu Angsa sudah dia geluti dengan berlatih di PB Pertamina.

Sekarang, selain Bulutangkis tak jarang Aulia mengikuti sejumlah turnamen Futsal yang mewakili nama sekolah. Hebatnya, buah hati pasangan Nasori dan Masnun mampu mengukir prestasi di kedua cabang olahraga (cabor) tersebut.

Pergelangan tangan Aulia yang mahir memainkan raket mampu mengantarkannya meraih berbagai prestasi di kejuaraan Bulutangkis. Terutama ketika tampil di kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Pada O2SN 2010, Aulia tampil di dua nomor sekaligus. Di nomor ganda putri, Aulia keluar sebagai pemenang. Sementara di nomor tunggal putri, Aulia melangkah hingga ke semifinal dan berhasil menjadi juara ketiga.

Di tahun 2015, Aulia yang kembali turun gelanggang mampu mengakhiri kompetisi Milo tingkat nasional sebagai runner up. Di turnamen itu Aulia tampil di nomor ganda putri.

Pada 2016 Aulia yang kembali mentas di O2SN melangkah hingga ke semifinal dan sukses menjadi juara ketiga. Namun kali ini medali yang dia raih hanya dari nomor tunggal putri.

Dan di tahun berikutnya, Aulia mampu mengulang prestasi serupa dengan menjadi juara ketiga tunggal putri O2SN 2017.

Baru-baru ini Aulia kembali tampil sebagai pemenang di Kejuaraan Bulutangkis Walikota Cup 2017. Pada kejuaraan yang digelar di Gedung Bulutangkis Abah Thoyib 15 Ulu, Aulia tampil di nomor ganda bebas.

Sedangkan di ajang Futsal, Aulia mampu mengharumkan nama sekolahnya dengan membawa SMA Negeri 15 Palembang menjadi juara pada kejuaraan Mr. Q se-Kota Palembang di 2016.

Pada tahun yang sama dia juga sanggup mengantarkan tim Futsal SMA Negeri 15 Palembang meraih medali perunggu kejuaraan Bina Darma.

Menurut Aulia, semua pencapaian yang dia raih merupakan buah kerja keras yang dijalani dengan hati. Tanpa adanya usaha yang maksimal serta dukungan dari kelurga, Aulia merasa mustahil mampu menjadi yang terbaik.

"Selain kerja keras, support orangtua merupakan modal yang paling utama. Dengan dukungan serta do'a dari bapak dan ibu semua beban terasa menjadi ringan," ujarnya.

Hingga kini Aulia masih tetap aktif bermain Bulutangkis  maupun Futsal. Tentunya tanpa mengesampilkan pendidikan formal. Bahkan Aulia sering datang lebih awal ke sekolah.

Sejak masih duduk di kelas sepuluh, Aulia selalu datang lebih awal dari yang dijadwalnya. Sehingga, dirinya mempunyai waktu lebih untuk belajar bersama teman di lingkungan sekolah ataupun belajar di dalam perpustakaan.

"Waktu itu saya masuk sekolahnya siang dan sorenya saya harus latihan. Jadi saya datang ke sekolah tiga jam lebih cepat sebelum jam belajar di kelas. Dengan begitu, saya mempunyai waktu yang banyak untuk belajar bersama teman kelas ataupun mengerjakan tugas," terangnya.

Disisi lain, Aulia mengaku dirinya masih terus mendalami dan mengasah kemampuan dalam bidang bermain Bulutangkis. Hobi yang sudah ditekuninya semenjak duduk di bangku SD tersebut kini masih terus ia lakukan.

Bagi siswi yang bercita-cita ingin menjadi Polisi Wanita (Polwan) ini, untuk sukses dalam dunia pendidikan dan dunia hobi kuncinya adalah harus pintar untuk mengatur waktu, kapan harus belajar dan berolahraga. Sehingga kedua kegiatan tersebut bisa dilaksanakan dan tetap bisa meraih prestasi.

"Sekarang saya terus mendalami hobi ini dengan terus berlatih dan tetap meluangkan waktu untuk belajar pelajaran akademik di sekolah. Karena saya ingin bisa sukses dalam pendidikan dan berprestasi dalam dunia olahraga," tuturnya.

Impian lebih jauh, Aulia berharap bisa berprestasi lagi sampai ke ajang internasional. "Harapan saya bisa membanggakan keluarga, sekolah dan negara. Bukannya di tingkat regional, namun sampai ke kancah Internasional," ungkapnya. [sri]


BIODATA

Nama:  Aulia Amanda
Lahir:  13 Mei 2000
Tinggi/berat:  160 cm/50 kg

Nama Orangtua:
Ayah:  Nasori
Ibu:  Masnun

Prestasi

Bulutangkis
▪ Juara III Tunggal Putri O2SN 2010
▪ Juara I Ganda Putri O2SN 2010
▪ Juara II Kompetisi Milo Tingkat Nasional 2015
▪ Juara III Tunggal Putri O2SN 2016
▪ Juara III Tunggal Putri O2SN 2017
▪ Juara I Ganda Bebas Walikota Cup 2017

Futsal
▪ Juara I Turnamen Futsal Mr.Q 2016
▪ Juara III Turnamen Futsal Bina Darma 2016













Baca juga:
BIAR BISA IKUT PORPROV, RATUSAN ATLET MINTA SUMBANGAN DI JALAN
PENGHARGAAN GTK BERPRESTASI DAN BERDEDIKASI
500 SISWA BERPRESTASI REBUTKAN 50 KURSI
MENPORA PASTIKAN BONUS DAN PROMOSI JADI PNS
ASISTEN I: AWASI MASA KEEMASAN PENERUS BANGSA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Striker Tajikistan Berlabuh ke Sriwijaya FC
Dzhalilov Pesan Nomor Unik di Jersey Sriwijaya FC
Karena Ini, Sriwijaya FC Ogah Ikut Piala Presiden