Ratusan Pejabat Dilantik, But Nothing Special

Politik  JUM'AT, 08 SEPTEMBER 2017 , 17:49:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Ratusan Pejabat Dilantik, But Nothing Special
RMOL. Bisik-bisik soal pelantikan pejabat secara besar - besaran di lingkungan Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akhirnya terjawab sudah.

Bupati OKU, H Kuryana Azis, pada Jumat (8/9) siang, melantik sedikitnya 244 pejabat tinggi pratama, administrator, pengawas, dan pejabat fungsional yang diberi tugas tambahan kepala sekolah, di lingkungan Pemkab OKU, bertempat di Pendopoan rumah kabupaten.

Namun, tidak ada kejutan besar atau hal spesial dalam pelantikan yang kedua kali di masa kepemimpinan Bupati H Kuryana Azis dan Wabup Johan Anuar tersebut.

Terpantau hanya terjadi pergeseran, mengisi kekosongan serta memantapkan jabatan saja. Orang-orangnya, tetap yang itu-itu saja.

Diantaranya, dua jabatan yang cukup berprestise, yakni Dinas Pertanian serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Dua dinas ini sebelumnya dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Dimana Dinas Perikanan dijabat Ir Tri Aprianingsih, sedangkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dijabat Himda Faruzal SH.

Nah, pada pelantikan ba'da Jumat tadi, baik Ir Tri Aprianingsih maupun Himda Faruzal, keduanya dimantapkan (didefinitifkan) memegang jabatan tersebut.  

Pergeseran terjadi pada jabatan Camat. Dimana Camat Kedaton Peninjauan Raya (KPR) yang sebelumnya dijabat Yoyin Afrianto, digantikan oleh Zahrudin yang sebelumnya menjabat Kasi Kesra di Kecamatan Peninjauan.

Yoyin sendiri sepertinya promosi jabatan. Dimana kini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

Sementara, Emharis Suryadi Putra yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Muara Jaya, digeser menjadi Camat Semidang Aji. Ia menggantikan posisi alm Tampun BA, yang meninggal dunia belum lama ini.

Posisi Emharis sebagai Camat Muara Jaya, digantikan oleh Kairuddin Albar yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Otonomi Daerah pada Bagian Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda OKU.

Selebihnya, pergeseran terjadi pada jabatan eselon III, IV dan serta guru dan kepala sekolah.

"Selama ini soal pelantikan jadi teka-teki, jadi pembicaraan dan jadi bisik bisik. Hari ini terjawab sudah," ujar Bupati mengawali sambutannya usai melantik ratusan pejabat tersebut.

Menurut Kuryana, pelantikan ataupun rotasi pejabat dalam sebuah organisasi ataupun lembaga, adalah hal yang biasa.

Bisa dilakukan untuk penyegaran, mengisi kekosongan, mengganti yang telah pensiun ataupun yang telah meninggal dunia.

"Hal ini dalam sebuah lembaga pemerintahan adalah hal yang biasa. Tidak mungkin sebuah lembaga tidak melakukan rotasi atau pergeseran-pergeseran," katanya.

"Apalagi yang berstatus sebagai PNS atau pejabat, pasti akan mengalami hal demikian. Terima dengan lapang dada apa yang telah ditugaskan oleh pimpinan daerah," demikian Bupati.[rik]

Komentar Pembaca
Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

Ini Alasan Airlangga Dipertahankan

Ini Alasan Airlangga Dipertahankan

RABU, 17 JANUARI 2018 , 17:00:00

Wiranto: Teruskan Pak OSO!

Wiranto: Teruskan Pak OSO!

RABU, 17 JANUARI 2018 , 15:00:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Didampingi Ayah

Didampingi Ayah

SABTU, 25 NOVEMBER 2017 , 10:17:00

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 16:30:00