RMOLSUMSEL

Home     


PEMKOT PALEMBANG KEMBALI SIAPKAN KONSEP WISATA BARU
KAMIS, 07 SEPTEMBER 2017 , 20:40:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

LOKASI PASAR KULINER IKAN/RMOLSUMSEL-RMS
  

RMOL. Untuk menyambut kemeriahan Asian Games,  yang akan berlangsung pada tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berbenah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah terus menambah destinasi wisata baru.

Kepada RMOL Sumsel, Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang Amiruddi Sandy menerangkan, saat ini Pemkot Palembang kembali membuat destinasi wisata baru, yakni sebuah sentra kuliner baru berupa pasar ikan di Dermaga 15 Ulu.

"Kita sedang merencanakan pembangunan pasar kuliner ikan. Konsepnya, pasar ikan yang bisa langsung dinikmati oleh pengunjung, melalui restoran yang juga berada di sekitar dermaga," ungkapnya, .

Amir menerangkan, pembangunan pasar kuliner ikan ini, sedang dogodok Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappemlitbang) Kota Palembang bersama Dinas pehubungan dan Dinas Pariwisata.

"Asian Games adalah kesempatan kita untuk memajukan wisata Kota Palembang. Sesuai keinginan Walikota, yakni menghidupkan wisata air Palembang, maka pasar kuliner ikan jadi salah satu konsep baru wisata tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk menuju pasar kuliner ikan ini bisa ditempuh menggunakan moda transportasi darat dan air. Dimana dalam waktu dekat, Pemkot Palembang juga akan mendapat bantuan lima bus air dari kementrian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI).

Selain itu, sentra kuliner ikan ini akan menggandeng pula sejumlah pengusaha ikan di ktoa Palembang. Khususnya yang selama ini berjualan di kawasan pasar induk jakabaring dan pasar besar lain. Dimana, selain ikan sungai juga diharapkan bakal tersedia ikan laut dengan bumbu khas Palembang.

"Akan terlihat pas, dimana menunya ikan dan lokasinya di tepi sungai. Ini diharapkan menjadi destinasi baru yang ternyata didukung oleh pengusaha dan warga sekitar," tuturnya.

Disamping hal tersebut, Pemkot Palembang juga mendapat bantuan Halte intermodal. Dimana terintegrasi antara halte Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) dengan moda transportasi lain termasuk bis air.

"Hal inilah yang dimaksimalkan untuk mengembangkan pariwisata air bersama bantuan bus air dari kemenhub tersebut. Sehingga lebih jauh, diharapkan tidak hanya ikut dalam percepatan pembangunan di bidang pariwisata. Pembangunan ini akan memberi dampak bagi masyarakat," tandasnya. [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Cek Sentra Tahu-Tempe, Fitri Pastikan Sumber Protein Bebas Formalin
Harnojoyo Tangkap Peluang Investasi dari 10 Pengusaha Korea
Amerika Tawarkan Pengembangan Smart City ke Walikota Palembang