RMOLSUMSEL

Home     


PRESIDEN KORSEL TEMUI PUTIN, MINTA RUSIA IKUT MENEKAN KORUT
KAMIS, 07 SEPTEMBER 2017 , 07:55:00 WIB

PRESIDEN KOREA SELATAN MOON JAEIN./NET
  

RMOL. Perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea tidak hanya menjadi tanggung jawab Korea Utara. Melainkan juga tanggung jawab negara-negara lain yang memiliki kepentingan di kawasan itu.

Hal ini disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin yang selama dua hari, sejak kemarin (Rabu, 6/9) hingga hari ini (Kamis, 7/9) menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Timur yang diselenggarakan di Vladivostok.

“Sangat jelas bahwa tidak mungkin memecahkan persoalan di Semenanjung Korea dengan menggunakan sanksi dan tekanan saja. Kita tidak bisa emosional dan hanya memojokkan Korea Utara. Tanpa alat politik dan diplomasi, sangat sulit untuk mengubah keadaan,” ujar Putin usai pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jaein, seperti diberitakan RMOL.

Delegasi Korea Utara juga hadir dalam pertemuan itu, dan disebutkan melakukan pembicaraan bilateral dengan Rusia. Namun belum dijelaskan siapa pejabat Korea Utara yang hadir dan dengan siapa dia bertemu.

Presiden Moon Jaein meminta bantuan Rusia untuk ikut menekan Korea Utara. Tetapi Putin mengatakan, bahwa ketegangan di Semenanjung Korea dan kawasan juga dipicu oleh aksi Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Putin dalam uraiannya juga menekankan pentingnya Sino-Russia Double Freeze, perjanjian antara Cina dan Rusia yang meminta agar pihak-pihak yang bertikai melakukan genjatan senjata berupa uji coba misil. Keduanya juga meminta Amerika Serikat menghentikan penempatan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Korea Selatan.

Rusia dan China pun meminta Amerika Serikat dan Korea Selatan menghentikan latihan perang di kawasan perbatasan yang menjadi pemicu ketegangan.

Kedua Rusia dan China mendorong Pyongyang dan Washington untuk melakukan pembicaraan langsung dalam waktu terdekat yang memungkinkan. [sri]


Baca juga:
JALUR SUTERA BANGKITKAN POTENSI PARIWISATA SUMSEL
SONGSONG SATU TAHUN ASIAN GAMES, ALEX SEMAKIN OPTIMIS
WOW... LIBURAN, PUTIN BENAR-BENAR MENYATU DENGAN ALAM
INILAH ALASAN BANDAR NARKOBA RELA MATI SAAT BEREAKSI DI INDONESIA
INILAH ALASAN BANDAR NARKOBA TIONGKOK RELA MATI DI INDONESIA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Ida Fitriati Jadi Calon Tunggal PBB
Dua Penguasa Pagaralam Bersaing Tunggu SK PBB
Orang Ini Disebut Juara 1 Koruptor di Indonesia