RMOLSUMSEL

Home     


JADIKAN GAYA HIDUP: MINUM BANYAK AIR SAAT PERUT KOSONG
JUM'AT, 01 SEPTEMBER 2017 , 21:55:00 WIB

ILUSTRASI/NET
  

 RMOL. Saat berbicara tentang kesehatan sistem pencernaan, kita biasanya lebih sering memusatkan perhatian pada dua hal, yaitu diet dan olahraga.

Padahal, pencernaan makanan adalah organ tubuh yang digunakan setiap hari untuk menyerap nutrisi.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, sistem pencernaan manusia juga semakin ringkih. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan sistem pencernaan agar selalu sehat dan fit?

Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Cheat Sheet:

1. Dapatkan cukup enzim pencernaan.

Dengan tetap berpegang pada diet tinggi enzim pencernaan dan makanan yang difermentasi, Anda bisa menjaga agar sistem tetap berjalan dengan lancar.

Sayuran fermentasi mentah seperti asinan kubis atau kimchi tinggi dalam enzim ini, seperti sup miso dan yogurt.

Herbal seperti peppermint dan jahe bisa direbus dalam air untuk membuat teh yang juga akan membantu menjaga pencernaan Anda.

2. Meningkatkan aktivitas fisik.
Tidak hanya latihan membakar kalori berlebih, namun juga merupakan rahasia agar proses pencernaan tetap selalu sehat. Menjadi aktif membuat pencernaan Anda bergerak, sehingga terjadi eliminasi dan penurunan berat badan yang lebih sering.

Bila Anda merasa sembelit, hal pertama yang disarankan beberapa dokter adalah berolahraga untuk membantu menormalkan keadaan.

Mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat benar-benar bisa mengubah tubuh Anda, tapi tidak selalu dengan cara yang baik.

3. Minum banyak air.

Tetap terhidrasi dengan benar membuat tubuh Anda tetap berfungsi dengan baik dan membantu membuang limbah dari sistem tubuh.

Rahasianya adalah minum air saat perut kosong atau sebelum Anda makan, yang memungkinkan air mengalir langsung ke sel Anda.

Minum air putih pada saat makan atau setelah makan sebenarnya bisa mencairkan makanan padat dan menghalangi kemampuan perut untuk mencernanya dengan cepat dan efisien.

4. Perhatikan kombinasi makanan.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kombinasi makanan tertentu membuat Anda merasa kembung.

Hal ini karena makanan seimbang mengandung protein, pati dan sedikit sayuran, pada kenyataannya protein dan pati tidak boleh dimakan bersama.

Buah dan sayuran dicerna paling cepat, kemudian karbohidrat dan akhirnya protein. Jika Anda makan kentang tumbuk dengan steak, kentang bisa bercampur dengan daging yang mudah diserap dengan lambat dan bisa menyumbat sistem Anda.

Sebagai aturan, buah harus selalu dimakan sendiri dan pada saat perut kosong, protein serta biji-bijian atau pati tidak boleh digabungkan.

5. Jumlah serat yang sehat.

Buah-buahan, sayuran dan biji-bijian mengandung sejumlah serat, yang merupakan salah satu cara untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan bersih. [ida/jpnn]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Sudah Disaksikan di 50 Kota, M20H Kembali Diputar
Minim Fasilitas Namun FPTI Pagaralam Mampu Tunjukan Prestasi
Buat Pupuk dan Briket Alternatif Tidak Bakar Lahan