RMOLSUMSEL

Home     


RUBEN: JANGAN BIARKAN KEPERGIAN JUPE SIA SIA
KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 16:39:00 WIB
LAPORAN: INTAN SRIWIDARI

RUBEN-JUPE/NET
  

RMOL.Presenter Ruben Onsu merasa sangat kehilangan ketika sahabatnya, Julia Perez, meninggalkannya bulan Juni lalu setelah melawan penyakit kanker serviks selama beberapa tahun terakhir.

Tak lama setelah itu, Ruben dan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks memulai petisi change.org/imunisasiHPV yang meminta Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan untuk memastikan vaksinasi HPV dapat melengkapi program nasional imunisasi dasar. Dalam waktu dua minggu, petisi itu kini sudah didukung hampir 15 ribu orang.

Dalam petisinya, Ruben bercerita, “Fakta miris yang baru saya ketahui adalah karena saat ini kanker serviks merupakan salah satu kanker pembunuh terbanyak di Indonesia. Tahukan Anda bahwa saat ini 26 perempuan Indonesia meninggal setiap harinya karena Kanker Serviks? Dan sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia belum menyadari tentang penyakit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) ini.”

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa virus ini dapat menginfeksi perempuan sejak usia dini. Banyak sekali kasus di mana pasien baru mengetahui dirinya menderita kanker serviks setelah dirinya berada pada stadium lanjut yang berarti kesempatan untuk penyembuhan sudah sangat kecil dan akhirnya menyebabkan tingginya angka kematian untuk perempuan di Indonesia.

“Padahal kanker serviks dapat dicegah, yaitu dengan pemberian vaksin HPV, dimulai dengan vaksinasi saat anak perempuan berusia 9 tahun, karena justru di usia muda tubuh memberikan proteksi imun yang lebih baik. Sedangkan untuk perempuan dewasa harus melakukan skrining terlebih dahulu melalui tes Pap smear atau IVA sebelum menerima vaksinasi,” kata Ruben, dalam rilis yang diterima redaksi RMOLSumsel dari Campaigner Change.org Indonesia, Jumat (31/8).

Eka Triana, salah satu pendukung petisi, mengatakan, “Saya menandatangani petisi ini karena, penyakit ini sudah menyebar secara ganas di Indonesia. Setiap harinya selalu ada wanita yang meninggal karena penyakit ini. Oleh karena itu, dengan kepedulian sesama dengan adanya Penyuluhan Vaksin HPV dapat mengurangi paling tidak angka kematian di Indonesia karena Kanker Serviks. Kematian memang tidak bisa dihindari, tapi sakit bisa dicegah.”

Di akhir petisinya, Ruben mengatakan, “Jangan biarkan kepergian sahabat saya, Jupe menjadi hal yang sia-sia. Justru menjadi peringatan agar kita semua serta keluarga kita terlindungi dari bahaya penyakit mematikan ini.”[sri]


Baca juga:
BELUM ADA SERTIFIKASI HALAL, ICMI MINTA VAKSINASI RUBELA DIHENTIKAN
DIRJEN KEMENKES: KASUS NIKEN ANGELIA CO-INCIDENT
ANTISIPASI VIRUS HEWAN QURBAN, PETUGAS SUNTIKAN VAKSIN JEMRANA
NGAKU BISA BANGKITKAN JULIA PERES, WANITA BERHIJAB DIMINTA BERTOBAT
BELAJAR DARI KASUS JUPE, KANKER SERVIKS TANPA GEJALA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Besok, Film Aksi Komedi Ini Tayang di Bioskop Baturaja
Julia Roberts dan Danny Moder Cerai Gegara Richard Gere?
Maia Antar El ke London