Sedih, Paskibraka OKU Terancam Gak Jalan-jalan Tahun Ini

Ragam  RABU, 30 AGUSTUS 2017 , 16:18:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Sedih, Paskibraka OKU Terancam Gak Jalan-jalan Tahun Ini

net

RMOL. Hampir tiap tahun, Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten/ kota biasanya memberikan reward "jalan-jalan", atau dalam bahasa kerennya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Termasuk di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Nah, kabar sedih bagi Paskibraka OKU tahun 2017 ini. Pasalnya mereka terancam tidak mendapatkan bonus itu.

Ya, reward Wasbang masih tanda tanya lantaran dana keberangkatan untuk itu, masih bergantung di anggaran APBD Perubahan OKU TA 2017 yang saat ini masih dalam pembahasan.

Dengan demikian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) OKU yang menaunginya, belum bisa memastikan apakah tahun ini ada atau tidak wawasan kebangsaan untuk Paskibraka OKU, yang menjalankan tugas 17 Agustus kemarin.

“Di APBD Induk, kita tidak memiliki anggaran. Makanya kita ajukan di APBD Perubahan,” kata Kabid Kepemudaan Dispora OKU, Iwan Setiawan.

Iwan menjelaskan sesuai jadwal, rencananya wawasan kebangsaan itu akan dilaksanakan pada akhir bulan September sampai Oktober. Namun untuk kepastiannya belum tahu karena masih menunggu anggaran.

Disoal mengapa tidak teranggarkan di APBD induk, menurut Iwan karena saat itu ada pemecahan di Dinasnya. Dari Disporabudpar, dipecah menjadi Dispora dan Dinas Pariwisata.

“Rencananya wawasan kebangsaan paskibraka tahun ini ke Jakarta dan Bandung dan ke Yogyakarta,” ujarnya.

Ketua Komisi I, DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha kepada wartawan mengatakan, anggaran untuk paskibraka melakukan wawasan kebangsaan diperkirakan tetap ada. Namun yang jelas dananya tidak sebesar tahun kemarin.

"Untuk jumlah pasti anggarannya turun berapa, saya tidak hapal. Itu ada di Komisi III,” jelas Yudi.

Sementara, Ketua Komisi III, DPRD OKU, H Ridar Hariyuwono SE, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya juga belum bisa memastikan apakah anggaran untuk wawasan kebangsaan paskibraka akan tetap ada atau tidak. Pasalnya mereka belum melakukan rapat dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Jadi belum bisa dipastikan. Kita rapat dulu, setelah itu baru bisa diketahui apa saja yang menjadi skala prioritas,” ucapnya. [rhd]



Komentar Pembaca
Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00