Gara-gara PLN Distribusi Air Bersih PDAM Alami Gangguan

Sosial  KAMIS, 24 AGUSTUS 2017 , 16:44:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Gara-gara PLN Distribusi Air Bersih PDAM Alami Gangguan
RMOL. Listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjadi sumber energi andalan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi untuk melakukan distribusi air bersih ke pelanggan. Artinya, tanpa ada aliran listrik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, maka distribusi ke sambungan langsung (SL) akan terganggu.

Hal itu disampaikan, Direktur Operasional (Dirops) PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya saat menyelenggaran siaran pers, dikantornya yang terletak di jalan Rambutan Palembang, Kamis (24/8/17).

"Jadi kita terpaksa mengurangi distribusi air bersih, karena dari informasi PLN, terjadi gangguan yang menyebabkan tegangan listriknya rendah. Sehingga mengganggu diatribusi air bersih yang dilaksanakan. Karena, tegangan yang dihasilkan PLN, jauh dibawah kebutuhan tegangan alat-alat kami," jelasnya.

Andi menerangkan, pihaknya terpaksa menurunkan kapasitas produksi air bersih sehari-sehari ke pelanggan, karena kedua pompa, tidak mampu mengangkat bebam listrik yang dihasilkan.

"Saat ini kita harus memotong sekitar 30% sampai 50%, dari distribusi air bersih yang biasa dilakukan, dari normalnya 3.800 liter per detik, menjadi 1.000 sampai 2.000 liter per detik," ungkapnya.

Karena gangguan listrik tersebut, hampir semua pelanggan baik di Seberang Ulu (SU) maupun Seberang Ilir mengalami pengurangan distribusi air bersih.

"Selama ini mesin-mesin kami membutuhkan kapasitas listrik sebesar 400 volt, sekarang tinggal 370 volt.  Itulah kenapa kami tidak dapat mengoptimalkan pompa semua pompa," ulasnya.

Saat ini hampir disemua wilayah akan mengalami gangguan dan diharapkan masyarakat untu tetap tenang, dan sekarang, pihaknya akan rutin mekakukan pemantaun

"Jadi untuk wilayah Plaju aman. Jadi untuk wilyah tersebut pipa pompanisasi bisa langsung ke pelanggan," ulasnya. [yip]

























Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00