RMOLSUMSEL

Home     


ILMUAN BELANDA BERHARAP PEMDA BANGUN MESUM DR AK GANI
KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 03:56:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

  

RMOL. Menjelang HUT Ke-72 Republik Indonesia (RI), serombongan turis dari Negeri Belanda mengunjungi Museum Pahlawan Nasional dr AK Gani di Palembang.  Rombongan ini dipimpin Prof.dr.P.J.C.L van der Velde  Mr. Paulidari Faculty of Philosophy, Theology and Religious Studies.

Pada kunjungan 3 Agustus lalu, Profesor Paul sangat terkesan dengan koleksi buku dr AK Gani. Buku-buku tersebut terdiri dari berbagai bahasa dan semuanya sudah dibaca oleh dr AK Gani.

Karena itulah, Prof Paul mengatakan bahwa almarhum dr AK Gani merupakan sosok yang cerdas.

"Alhamdulillah, koleks buku Pak Gani memang terbilang cukup lengkap. Koleksi terdiri dari buku-buku bidang seni, sosial, dan masalah psikilogi. Di samping banyak lagi buku-buku umum yang ditulis dalam berbagai bahasa," kata Kepala Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani GI Priyanti Gani, Rabu (16/8).

Ditanya saran apa saja yang disampaikan Prof Paul dan rombongan, Priyanti mengatakan bahwa mereka menyatakan keprihatinan atas kondisi museum.

Prof Paul mengatkaan, kondisi dalam museum cukup gelap karena penerangan kurang memadai.  Mereka berharap museum ini bisa ditata lebih apik agar koleksi buku-buku Dr AK Gani bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

"Ya seperti perpustakaan umum, begitu," katanya.

Prof Paul mengatakan, peran pemerintah daerah sangat penting dalam mengembangkan Museum Pahlawan Nasional Dr AK Gani ini. Sebab di samping sejarah perjuangan dan ketokohan AK Gani, museum ini menyimpan koleksi banyak buku.

"Koleksi buku, tekstil tradisional, furnitur, dan lain-lainnya luar biasa. Masyarakat luas mestinya rajin berkunjung ke museum ini, " kata Prof Paul. [ida]


Baca juga:
WISATAWAN MANCANEGARA KAGUMI KOLEKSI BATIK TULIS MESUM DR AK GANI


Komentar Pembaca






Berita Populer

Rakerda PAN Kacau, Herman Deru 'Balik Belakang'
Ketua PAN Didesak Mundur, Eko: Legowolah, Itu Lebih Terhormat!
Bertekad Menang Besar Pilkada 2018, Demokrat Ajukan Nama-nama Beken