HNW : Jangan Terjebak Pemahaman Agama yang Salah

Politik  SENIN, 14 AGUSTUS 2017 , 17:54:00 WIB

HNW : Jangan Terjebak Pemahaman Agama yang Salah

net

RMOL. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid memuji pelaksanaan seminar internasional bertajuk Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta, Senin (14/8).

Menurutnya, menguatkan pemahaman Islam yang moderat sangat penting untuk menangkal pengaruh Negara Islam, Irak, dan Suriah (ISIS).

Hidayat mengatakan, banyak pihak yang saat ini merasa cemas karena anak-anak muda bisa terpengaruh kepada ajaran yang tidak baik seperti ISIS.

"Banyak orang khawatir tentang masalah mungkin terpengaruh dengan ISIS, yang sebagiannya anak-anak muda terpengaruh ke sana, karena mungkin pemahaman agama tidak kuat, pendidikan tidak bagus," kata Hidayat yang menjadi pembicara pada seminar itu seperti diberitakan JPNN.

Karena itu Hidayat mengharapkan seminar internasional hasil kerja sama UAI dengan Rabitah Al Alam Al Islami (Liga Islam Dunia) tersebut bisa memberikan sebuah penegasan bahwa Islam yang diinginkan adalah yang moderat. Yakni Islam yang membawa rahmat bagi alam semesta.

"Islam yang jauh dari sikap-sikap radikal, separatis, maupun sekularis. Tapi Islam yang rahmatan lilalamin, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah yang diwariskan kepada kita semua," tutur Hidayat.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang akrab disapa dengan panggilan Ustaz HNW itu juga mengharapkan seminar internasional tersebut bisa meningkatkan pendidikan dalam wujud sumber daya manusia yang moderat‎ dan tidak anti pada kemajuan serta teknologi.

"Tidak terjebak pada pemahaman agama yang salah, tetap Islam yang moderat," ucap Hidayat. [rhd]

Komentar Pembaca