RMOLSUMSEL

Home     


HARNOJOYO KEMBALIKAN ADIPURA JIKA MASYARAKAT MASIH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
MINGGU, 13 AGUSTUS 2017 , 17:57:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

  

RMOL. Walikota Palembang Harnojoyo tidak pernah lelah untuk terus mengingatkan masyarakat Kota Palembang untuk menjaga kebersihan lingkungan. Melalui kegiatan gotong royong yang dilaksanakan di Sungai Rambutan Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Palembang, ia mengajak agar lebih mengintenskan untuk mengembalikan fungsi anak sungai atau saluran drainase sebagaimana mestinya.

"Jangan sampai Adipura ke-11 yang kita dapatkan tidak sesuai dengan kenyataan. Dimana, masih banyak masyarakat yang membuang sampah. Jika memang seperti itu, lebih baik Adipura di kembalikan saja, jika kita kondisi sungai kita masih kotor," imbuhnya kepada masyarakat disela-sela kegiatan gotong royong hari ini, Minggu (13/8/17).

Harnojoyo mengatakan, dirinya tidak akan pernah lelah untuk mewujudkan Palembang sebagai kota terbersih serta memiliki masyarakat yang juga perduli terhadap kebersihan lingkungan.

Selain itu, keinginan mengembalikan fungsi sungai juga akan terus dilakukan. Karena, melihat sejarahnya, sungai di Palembang ini saling berhubungan antar satu sungai dengan sungai yang lain sebagai sarana jalur transportasi masyarakat.

Seperti Sungai Rambutan ini, yang terhubung langsung dengan Sungai Lambidaro dan Sungai Sekanak.

Hanya saja sekarang mulai hilang fungsinya, karena tidak terjaga, untuk itu masyarakat juga mempunyai tugas untuk menjaga kebersihan sungai.

" Harus bersama menjaga kebersihan lingkungan terlebih sungai yang ada. Dalam waktu dekat, kita akan kembalikan fungsi Sungai Sekanak nantinya sehingga terhubung dengan sungai yang lainnya secara perlahan. Untuk mewujdukan itu, kita butuh dukungan masyrakat, dengan tidak mengotori sungai," ungkapnya.

Harnojoyo juga berharap peranan tokoh masyarakat dan tokoh agama harus berperan aktif untuk mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai.

"Kita mengajak masyarakat dalam setiap rumah dan lingkungan dalam jarak radius beberapa meter untuk tidak membuang sampah. Walaupun harus membuang sampah harus disiapkan tempat khusus dalam kresek yang dikumpulkan disuatu tempat dan petugas kita yang mengangkutnya. Jadi jangan buang sampah di sungai," tandasnya. [yip]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Pemutihan! Walikota Palembang Beri Diskon Pelunasan Tunggakan PBB
Harnojoyo Dapat Penghargaan Mengejutkan
Palembang Sabet Peringkat Satu Pembina Sekolah Sehat Tingkat Nasional