RMOLSUMSEL

Home     


MOTOGP PALEMBANG, IMI TUNGGU GEBRAKAN PEMPROV SUMSEL
SABTU, 12 AGUSTUS 2017 , 14:24:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

NET
  

RMOL. Meski telah mendapatkan lampu hijau dari Dorna Sport selaku organisasi penyelenggara MotoGP, namun pelaksanaan GP Indonesia 2018 di Palembang masih dipertanyakan.

Belum dibangunnya Sirkuit MotoGP di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dapat membuat rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) berantakan.

Dengan waktu yang hanya menyisakan satu tahun penyelenggaraan, kans untuk mendatangkan Valentino Rossi dan para rider MotoGP lainnya ke Bumi Sriwijaya dapat dikatakan mengecil.

Kendati kemungkinan untuk menggelar MotoGP pertama di Indonesia setelah 20 tahun tetap terbuka. Ikatan Motor Indonesia (IMI) masih menunggu gebrakan Pemprov Sumsel untuk segera membangun kontruksi sirkuit MotoGP.

"Soal MotoGP kami belum dapat berbicara banyak. Untuk tahapan selanjutnya IMI masih menunggu langkah Pemprov Sumsel untuk segera membangun sirkuit," kata Ketua PP IMI Sadikin Aksa.

Menurut Sakidin, kepastian kota Palembang untuk membangun Sirkuit MotoGP di Jakabaring memang masih menjadi tanda tanya besar.

Meski demikian, kesiapan kota Palembang masih di atas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) yang juga berencana menggelar MotoGP.

Sebab, untuk membangun sirkuit MotoGP, Pemprov Sumsel sudah menyediakan lahan seluas 120 hektar di Kompleks JSC, tepatnya di samping Venue Ski Air. Selain itu, Pemprov Sumsel juga telah menyiapkan desain sirkuit yang dirancang Hermann Tilke.

Sadikin Aksa menjelaskan, kalau karakter sirkuit yang akan dibangun adalah high speed. Di mana rata-rata kecepatan kendaraan yang akan melaju di angka 171 kmj.

"Setelah desain jadi dan dimasukkan ke hitung-hitungan algoritma Tilke (pembuat desain sirkuit Jakabaring), kecepatannya mencapai 171 kmj, bahkan bisa lebih cepat lagi dari itu. Sementara untuk top speed-nya di angka 305 kmj," jelasnya.

Sadikin melanjutkan, kalau ini nantinya bakal jadi salah satu dari tiga sirkuit berkarakter "high speed" di dunia. Panjang trek sirkuit Palembang ini 4.314 meter, dengan 14  tikungan, lalu trek lurus terpanjang 750 meter, serta trek start/finish sepanjang 540 meter.

"Itu bisa lebih cepat lagi kalau dihitung realisasi nantinya. Itu karena motor semakin hari akan makin berkembang. Ini lebih kencang dari Sepang, dan bakal jadi top three tecepat di dunia, di mana saat ini sirkuit Argentina yang tercepat," ujar Sadikin.[sri]


Baca juga:
LAGA SRIWIJAYA FC KONTRA PERSIB BANDUNG DIGESER
RELAWAN JOKOWI MINTA KPK USUT ALIRAN DANA KE MUHAIMIN
RELAWAN JOKOWI: ANCAMAN PARTAI CAK IMIN KE JOKOWI KEKANAK-KANAKAN
MAKAN PINANG BERSAMA TEMAN, MAHASISWI DIGILIR PEMUDA 5 KALI
AKHIRNYA, RI KELUARKAN PAKISTAN DARI DAFTAR CALLING VISA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Orang Ini Disebut Juara 1 Koruptor di Indonesia
Rupanya Banyak Warga Palembang Ingin Ustadz Taufik Jadi Walikota
Salahkan Amien Rais Soal Amandemen UUD 1945, Try Sutrisno Lupa Sejarah