RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Rapat Ngepel Pedestr ...

Rapat Pemantapan Ngepel Pedestrian dihadiri Pimpin ...

HKSN 2017 di Palemba ...

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas ...

Tolong... Semua BBM ...

Beberapa pekan terakhir, Stasiun Pengisian Bahan ...

Tiga Maskot di Pempr ...

Provinsi Sumatera Selatan, sebagai tuan rumah even ...

Diterjang Puting Bel ...

Bencana angin puting beliung menerjang Desa Kungk ...

Launcing Pilkada 201 ...

Hujan deras sempat mewarnai peluncuran atau launc ...

Antisipasi Miras dan ...

Tim gabungan Polres Pagaralam bersma dengan TNI, ...

All Out Demi Idaman

Ketua DPC PDIP Pagaralam Yumisa, Selasas (12/12), ...

Bersihkan Preman

Jelang Asian Games 2018 di dua kota besar di Indo ...

Polisi Jaman Now!

Imej polisi ditakuti telah bergeser. Kini aparat p ...

POLITIK
Kesbangpol Belum Terima Juklak Kenaikan Dana Parpol

Rabu, 13 Desember 2017 , 18:35:00 WIB

Wacana Pemerintah untuk menaikkan dana bantuan Partai Politik (Parpol) hingga kini belum terlaksana. Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) keb ...

EKONOMIWarga Pagaralam Menjerit, Semua Jenis BBM Langka

Rabu, 13 Desember 2017 , 10:47:00 WIB

Beberapa pekan terakhir terlihat antrean panjang mengular di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Pagaralam.Kondisi ini ...

SOSIALAmankan Ratusan Botol Miras dan Rokok Bangkok

Rabu, 13 Desember 2017 , 17:46:00 WIB

Kembali dalam rangka penertiban dan penanggulangan penyakit masyarakat (Pekat) di wilayah hukum Kota Pagaralam,tim gabungan yang terdiri sar ...

KRIMINALIdrus Marham Setia, JPU Sudah Antisipasi Permainan Setya Novanto

Rabu, 13 Desember 2017 , 11:13:00 WIB

Terlihat, Setya Novanto pasti mencoba segala upaya untuk menggagalkan sidang perdana perkara korupsi dana pengadaan e-KTP hari in ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu