RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Aksi Tolak Armada On ...

Aksi unjukrasa yang digelar puluhan sopir angkot ...

Didaulat Jadi Pendek ...

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mendaulat Ca ...

Panen Raya Padi Sawa ...

Panglima Kodam II Sriwijaya bersama Kepala Kepoli ...

Berangkat Dinihari

Sebanyak 448 jamaah calon haji (JCH) kloter 15 Em ...

Pembina Tagana Terba ...

Tanpa harus menggunakan panggung yang mewah dan d ...

Elektabilitas MD Ter ...

Bakal calon Walikota Palembang, Mularis Djahri se ...

Meriahnya Countdown ...

Pelataran Benteng Kuto Besak kali ini menjadi sak ...

Buka Kejurnas Rally

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin membuka ...

Countdown Asian Game ...

Ribuan masyarakat Palembang berkumpul memadati pe ...

Perluas Masjid Musya ...

  Rencana perluasan Masjid Musyawarah yang te ...

POLITIK
Duet Nasuko Jilid II Berpeluang Menangi Pilkada Linggau

Senin, 21 Agustus 2017 , 15:55:00 WIB

Pasangan S Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar (NANSUKO) diprediksi berpotensi bisa meraih kemenangan pada Pemilukada yang akan digelar 25 ...

EKONOMIPengemis Kaya Raya, Tiga Bulan Saja Transfer Rp 28,2 Juta

Senin, 21 Agustus 2017 , 15:41:00 WIB

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Penajam Paser Utara (PPU) menangkap dua pengemis kaya bernama Juheri (55) dan Ihak (68).Keduanya did ...

SOSIALDewan OKU Nilai Full Day School Terlalu Dipaksakan

Senin, 21 Agustus 2017 , 11:44:00 WIB

Beberapa sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah menerapkan Full Day School (FDS). Nah, Ketua Komisi I DPRD OKU, Yudi Purna Nugr ...

KRIMINALKorban Jatuh ke Kawah GAD Berhasil Dievakuasi dengan Selamat

Minggu, 20 Agustus 2017 , 15:58:00 WIB

Yoga (20) warga Kabupaten Lahat yang terperosok di jurang Kawah Gunung Api Dempo (GAD) akhirnya bisa dievakuasi dari lereng Kawah ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu