RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Dituntut 5 Tahun

Terdakwa DR Rani Arvita SH MH oknum pegawai Badan ...

Hadiri HUT Prabumuli ...

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri ...

Penumpang Expressair ...

Pengguna maskapai penerbangan Expressair mengeluhk ...

Mimpi Sumsel Terwuju ...

Perjanjian kerjasama usaha antara PT. Sriwijaya M ...

Gubernur Apresiasi D ...

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menghadiri Rapat Par ...

Desak Pemerintah "Ac ...

Puluhan massa sopir Angkutan Kota (Angkot) yang te ...

Aksi Damai Sopir Ang ...

Puluhan massa yang tergabung dalam Paguyuban Sopir ...

Alex Noerdin : Pokok ...

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri ...

Tour De Museum Sriwi ...

Dalam rangka memperingati hari Museum Indonesia y ...

Penandatanganan Aman ...

Kunjungan Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) She ...

POLITIK
PDIP Masih Belum Yakin Mau Panggil Ridwan Kamil

Selasa, 17 Oktober 2017 , 23:58:00 WIB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mengundang Walikota Bandung Ridwan Kamil terkait Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2 ...

EKONOMIIMB Hotel Ibis Dicabut, Komisi I Tegaskan tidak Ada Revisi

Selasa, 17 Oktober 2017 , 17:23:00 WIB

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera bertindak tegas, terkait pel ...

SOSIALDua Hari Bekerja, Nelayan Jakarta Tagih Janji Anies-Sandi Soal Reklamasi

Selasa, 17 Oktober 2017 , 22:25:00 WIB

Ratusan nelayan asal Jakarta Utara menggelar unjuk rasa di depan Balaikota, DKI Jakarta untuk menagih janji kampanye Gubernur dan Wakil ...

KRIMINALDipicu Dendam, Candra Tewas Lima Tusukan

Selasa, 17 Oktober 2017 , 21:09:00 WIB

Naas dialami Candra Adinata (32), pria bujangan yang tinggal di Lorong Hijrah 1 Ulu Laut, Kertapati Palembang, harus merenggang n ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu