RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Berikan Motivasi pad ...

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki mem ...

Syahrial Oesman Resm ...

Ketua DPW Partai Nasdem, Syahrial Oesman (SO) men ...

Girder LRT Samping F ...

Steel box girder Light Rail Transit (LRT) Palemba ...

Gubernur Buka Turnam ...

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin membuk ...

Alex Minta PT Pertag ...

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Alex Noerdin ...

Palembang-Jeddah Nov ...

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyambut ba ...

Luluh Lantah Dihanta ...

Angin puting beliung kembali menghantam pemukiman ...

Belajar Memijat Bayi

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj ...

Daftar Anggota PPK

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Sumsel yan ...

Berjibaku Padamkan A ...

Warga Jalan Putri Dayang Rindu Keramasan, Kecamata ...

POLITIK
Hidayat Nur Wahid: Masih Banyak Janji Jokowi Belum Dilaksanakan, Terutama...

Jum'at, 20 Oktober 2017 , 10:55:00 WIB

Perjalanan pemerintahan Presiden Joko Widodo sudah memasuki tahun ketiga dan masih menyisakan pekerjaan untuk diselesaikan. Wakil Ketua MPR ...

EKONOMIPenuhi Kebutuhan Beras, Gubernur Sumsel Akan Manfaatkan Lebak

Jum'at, 20 Oktober 2017 , 10:58:00 WIB

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai negara yang subur, di zaman Presiden ke 2 RI Ir Soeharto Indones ...

SOSIALPetugas Kebersihan di OKU Gagal Umroh Gara-gara Ketidakprofesionalan Rekanan

Jum'at, 20 Oktober 2017 , 11:15:00 WIB

Haji maupun umroh ke tanah suci Makkah itu merupakan panggilan Allah SWT. Walau sudah terencana, bisa batal kalau memang Allah SWT belum me ...

KRIMINALPura-pura Bantu Pindahan, Ada Kesempatan Astagfirullah..

Jum'at, 20 Oktober 2017 , 09:57:00 WIB

Tak disangka, hanya karena ingin foya-foya dan minum-minuman keras bersama teman, niat tulus Wawan (32) warga Rumah Susun (Rusun) ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu