RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Pengurus ASEPHI Dila ...

Kiagus H Zainal Ariffin terpilih ...

Lantik Kepengurusan ...

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Nomor : 182/SK ...

Ini Perjuangan Pejua ...

Walikota Palembang Harnojoyo terus konsisten mela ...

Seruan Boikot

Ribuan massa dari berbagai ormas Islam menggelar ...

Drama Kolosal Pertem ...

Pentas drama kolosal pertempuran Ambarawa atau Pa ...

Anak Palembang Pedul ...

Umat Islam di Kota Palembang melakukan aksi solid ...

Sebar Benih di Musi

Ikan sungai Musi menjadi salah satu ikan yang c ...

Kapolres Cek Mutu Pa ...

Polres Banyuasin bersama intansi terkait, lakukan ...

CDM Tinjau Jakabarin ...

Rombongan Chief de Mission (CDM) dari berbagai ne ...

Latihan Tanggap Daru ...

Satuan pengaman (Satpam) yang bertugas di wilayah ...

POLITIK
Jokowi Pesan Jaga Persatuan Untuk Pemuda Islam

Sabtu, 16 Desember 2017 , 23:32:00 WIB

Walaupun menyepakati aksi Bela Palestina besok, namun dengarlah pesan dari Presiden Joko Widodo kepada para pemuda Islam Indonesia ."Terus m ...

EKONOMIBudidaya Terus Digalakkan, Produksi Ikan Pagaralam Tetap Kurang

Sabtu, 16 Desember 2017 , 14:59:00 WIB

Sentra perairan yang cukup potensial untuk budidaya ikan perlu perhatian serius pemerintah kota (pemkot), agar dapat mencukupi konsumsi ika ...

SOSIALIni Loh Bocoran Soal UN 2018

Sabtu, 16 Desember 2017 , 22:02:00 WIB

Bocoran soal UN dibeberkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno.Dia mengatakan mulai tahun de ...

KRIMINALPergaulan Dua Anak Ini Bikin Orang Tak Bisa Ngomong

Sabtu, 16 Desember 2017 , 23:58:00 WIB

Dua siswa di Balikpapan kerap melakukan hubungan homoseksualAdalah MN (19) dan ZM (13)  yang menjadi pasangan homoseksual ka ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu