RMOLSUMSEL

Home     


Jum'at, 11 Agustus 2017 , 23:14:00 WIB

Camat-Kades Harus Siaga Karhutla


Bupati Muba H Dodi Reza Alex/RMOLSumsel-fiz

RMOL.Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai di musim kemarau ini, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba).

Bupati H Dodi Reza Alex menekankan, para Camat dan Kepala Desa (Kades) siaga di daerah masing-masing sampai musim kemarau berlalu.

“Harus dicek ke lapangan, saya minta betul dengan Camat dan Kades di daerah rawan Karhutla di Muba, untuk siaga di daerah masing-masing hingga musim kemarau berganti,” ujar Dodi, saat berkunjung ke lahan rawan karhutla di Desa Mendis, Kecamatan Bayung Lencir, Jumat (11/08).

Menurutnya, dengan kunjungan langsung ke lokasi titik api, bisa langsung diketahui penyebab dan mencari segera solusi Karhutla. “Kalau hanya teguran dan instruksi saja, saya rasakan tidak efektif. Untuk itu, saya bersama OPD dan aparat penegak hukum di Muba, merasa perlu mengecek langsung lokasi rawan dan bekas karhutla,” kata mantan anggota DPR RI ini.


Dikatakan Dodi, sampai dua bulan ke depan, ia dan perangkat daerah akan terus terjun ke lapangan guna antisipasi Karhutla di Muba. Sebab, lahan bekas Karhutla sangat berpotensi kembali terjadinya menimbulkan titik api dan sangat memungkinkan menyebabkan Karhutla yang lebih besar.

“Oleh sebab itu harus diantisipasi, hingga dua bulan ke depan saya bersama perangkat daerah akan mengecek lahan rawan karhutla di Kabupaten Muba,” jelasnya.

Sambung Dodi, masalah Karhutla tidak hanya sekedar mendatangi lokasi rawan, dirinya juga mengajak stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membakar lahan. “Edukasi harus terus dilakukan, supaya warga masyarakat sadar bahaya akan dari pembakaran hutan dengan sengaja,” terangnya.

Sementara itu, Kapoles Muba, AKBP Rahmat Hakim mengatakan, pihaknya menerjunkan personel di setiap lahan rawan Karhutla dengan bekerja sama pihak TNI dan masyarakat setempat. “Kami tidak main-main dalam menangani Karhutla ini. Kalau ada yang terbukti dengan sengaja membakar lahan, tentu sanksi pidana menanti,” cetusnya.

Sebelum meninjau lokasi rawan karhutla di Desa Mendis, Dodi Reza Alex memimpin apel siaga pencegahan Karhutla di halaman Kantor Manggala Agni Daops Muba, Kelurahan Bayung Lencir, Kecamatan Bayung Lencir. Dodi bersama Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi, Kapolresta Muba AKBP Rahmat Hakim, Plt Sekda Apriyadi Mahmud, bersama pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan sepeda motor.  [ida]

Nonton Bidar di Sung ...

Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) RI k ...

Walikota Nanan Layan ...

Selain sudah mentraktir semua makanan di kantin, ...

Lepas Jemaah Haji Ma ...

Walikota Palembang Harnojoyo melepas langsung jem ...

Kunjungi LPKA Pakjo

Seusai melaksanakan Upacara Bendera Merah Putih d ...

Doa Bersama 17.17.17

Panglima Kodam II Sriwijaya, Mayjen TNI AM Putran ...

Ajak Masyarakat Pale ...

Walikota H. Harnojoyo mengajak semua lapisan masy ...

Uli dan Haza Butuh B ...

Uli Lisma Dewi (12) dan Haza Afifa (6) putri pert ...

16 Tahun Jadi Inspek ...

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bertindak ...

Gubernur Berikan Rem ...

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin secara simbolis memb ...

Detik-Detik Pengibar ...

Detik-detik pengibaran bendera pada Upacara HUT ke ...

POLITIK
Parpol di Sumsel Mulai Jaring Bacaleg

Jum'at, 18 Agustus 2017 , 16:37:00 WIB

Meski perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) masih cukup lama yaitu pada 2019 mendatang namun sejumlah partai politik (Parpol) di Sumsel m ...

EKONOMIPLN Berikan Diskon Hingga 25 Persen

Jum'at, 18 Agustus 2017 , 16:52:00 WIB

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan promo "Gebyar Kemerdekaan 2017" kepada para pelanggan dan calon pelanggan. Kado istimewa ini ...

SOSIALSeorang Pendaki Jatuh di Kawah Dempo

Jum'at, 18 Agustus 2017 , 16:01:00 WIB

Seorang pendaki yang belum diketahui indentitasnya dikabarkan jatuh ke kawah Gunung Api Dempo Kota Pagaralam, Jumat (18/8).Hal tersebut dib ...

KRIMINALGagal Beraksi, Copet ini Dihajar dan Ditelanjangi

Jum'at, 18 Agustus 2017 , 16:29:00 WIB

Sial dan memalukan, itula yang dialami Yulisar (43) bandit dua jari yang nyaris tewas diamuk massa lantaran ulah tangan jahilnya ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu