Harnojoyo Gratiskan Parkir di Pedestrian Sudirman

PEMKOT PALEMBANG  JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 22:57:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Harnojoyo Gratiskan Parkir di Pedestrian Sudirman
RMOL. Upaya menarik wisatawan ke daerah Pedestrian Sudirman terus dilakukan Walikota Palembang Harnojoyo. Salah satunya menerapkan parkir gratis untuk kunjungan wisata malam di kawasan pedestrian yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman itu.

Bahkan penerapan mulai dilakukan malam ini, Jumat (11/8), dengan menempatkan beberapa petugas parkir khusus di beberapa titik parkir yang ditentukan.

Kepada RMOL Sumsel, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, sebelumnya banyak warga dan wisatawan yang mengeluhkan tarif parkir di kawasan wisata Pedestrian Sudirman. Tarif yang dikenakan sangat tinggi oleh oknum juru parkir nakal yakni sebesar Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

"Kita menginginkan Destinasi Sudirman semakin didatangi wisatawan dalam maupun luar kota. Untuk itu kita harus memberikan rasa aman dan nyaman," jelasnya.

Harnojoyo menerangkan, dengan menerapkan parkir gratis di kawasan tersebut pada malam show pedestrian Sudirman, tidak akan mengurangi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena, itu dilakukan pada malam hari saja.

"Pengunjung maunya nyaman, ingin bersenang-senang, kita fasilitasi, biar tambah ramai. Jika hal itu sudah membuay nyaman, justru akan memberikan pendapatan bagi kas daerah, dengan semakin ramainya wisatawan yang datang ke Palembang," tuturnya.

Menurut dia, program ini rencananya juga diberlakukan secara bertahap di tempat-tempat wisata lain.

"Untuk solari ke juru parkir akan kita bahas lagi bentuknya seperti apa. Yang pasti mereka masih bisa menafkahi keluarga," tandasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Palembang Kurniawan mengatakan, setidaknya ada 40 juru parkir yang dirangkul dalam program ini. Mereka dilengkapi dengan rompi khusus untuk memudahkan identitasnya.

"Program gratis hanya berlaku saat Pedestrian Sudirman pada Jumat dan Sabtu malam saja. Di hari lain masih diberlakukan tarif seperti biasanya," kata dia.

Agar lebih nyaman bagi pengunjung, sambung dia, titik parkir ditempatkan di sepanjang Jalan Letkol Iskandar dan Kolonel Atmo. Juru parkir akan menjaga setiap kendaraan mulai pukul 18.00-24.00 WIB.

"Tidak ada lagi parkir di Jalan Sudirman, disana steril biar tidak menggangu pengunjung," tandasnya.  [ida]



Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00