RMOLSUMSEL

Home     


WASIT ASAL AUSTRALIA PIMPIN LAGA DERBY ANDALAS
JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 11:48:00 WIB
LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

  

RMOL. Duel sengit Sriwijaya FC kontra Semen Padang Fc di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Jum'at (11/8/2017) akan dipimpin wasit asing. Keputusan itu dianggap kedua pihak cukup relevan mengingat gengsi derby andalas yang tinggi dan berpotensi berjalan panas.

Adapun wasit asing tersebut yakni Shaun Robert Evans yang bertugas sebagai wasit utama dibantu rekannya Wilson Kenneth Brown dan George Lakrindis sebagai hakim garis. Hal ini bukanlah pertama kalinya bagi pengadil asal Australia itu.

Sebelumnya Shaun Robert dan kolega sudah bertugas saat laga Persib Bandung melawan PS TNI beberapa waktu lalu. Pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan menyambut baik dengan hal ini, dirinya berharap pertandingan malam nanti lebih berkualitas dan dapat pembelajaran berharga bagi pelaku sepakbola nasional.

"Saya kira sebuah hal yang baik bila laga dipimpin oleh wasit asing apalagi pertandingan yang memang krusial," ujarnya.

Kendati demikian pelatih asal Solo itu tetap mengingatkan kepada anak asuhnya untuk tidak mengambil langkah konyol dalam mengkritisi keputusan wasit dilapangan. Dia mengingatkan anak asuhnya untuk mampu mengontrol emosi saat pertandingan berlangsung.

"Pemain juga harus berhati-hati karena karakter wasit luar berbeda dengan Indonesia. Jangan banyak protes dan saya akan wanti-wanti pemain saya untuk menunjukkan respek kepada mereka, selama ini tidak hanya kepada wasit asing saja karena menurut saya banyak wasit kita yang tidak kalah kualitasnya," jelasnya.

Penggunaan wasit asing juga dianggapnya sebagai sebuah upaya untuk lebih meningkatkan kualitas kompetisi di tanah air. “Hal ini bagus biar sepakbola kita tambah maju, terlihat juga nanti mana yang fair play atau tidak. Selain itu mereka juga tidak ada kepentingan disini sehingga rasanya lebih netral,” tambahnya.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan wasit dari Australia dan Kyrgyzstan memang didatangkan untuk periode pertama. Rencananya akan ada tiga periode dan di setiap periode PSSI akan mempekerjakan wasit dari negara berbeda.

"Pada periode pertama, mereka datang 2 Agustus 2017 dan bertugas sampai 15 Agustus 2017. Selanjutnya di periode kedua diperkirakan tanggal 16-28 Agustus 2017, berikutnya di periode ketiga tanggal 29-11 September 2017. Setiap periodenya kami menggunakan wasit dari negara yang berbeda," kata Ratu. Adapun di periode perdana, PSSI nantinya mendatangkan dua set wasit yaitu terdiri dari dua wasit utama dan empat asisten wasit. [yip]


Baca juga:
LAGA BERJALAN KERAS, PS TNI IMBANGI SRIWIJAYA FC
SFC DAPATKAN DEDI HARTONO DARI BARITO PUTERA
PEMAIN AREMA TIBA DI PALEMBANG
DUA PUNGGAWA SFC DIBIDIK TIMNAS


Komentar Pembaca






Berita Populer

Guru Olahraga di OKU Raya Dilatih Pebasket Amerika
Sriwijaya FC Kalah Lagi, Itu Mah Biasa !
Pemprov Sumsel Jalin Kerjasama Lokakarya Jr. NBA