RMOLSUMSEL

Home     


BANYUASIN AKAN DIDIRIKAN POLTEKNIK PERTANIAN
JUM'AT, 11 AGUSTUS 2017 , 10:44:00 WIB

  

RMOL. SMK PP Negeri Sembawa yang berada di Desa Lalang Sembawa Kecamatan Sembawa, direnacakan akan menjadi salah satu perguruan tinggi, Polteknik Pembangunan Pertanian Sembawa di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumsel.

Hal itu disampaikan langsung Dr Inneke kusumawati perwakilan Kepal Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, Kamis (10/8) kemarin. dirinya menyampaikan, rencana pembangunan Poltek ini ditarget dalam satu tahun dapat tercapai, namun untuk prodinya masih sedikit. Sebab disesuai dengan kebutuhan yang ada di wilayah Sumsel khususnya.  

“Sekarang ini kita melakukan diskusi publik terlebih dahulu kepada intansi terkait, untuk meminta saran dan krtik yang membangun pendirian Polteknik ini,” jelasnya.

Adapun program studi yang saat ini ditawarkan diantarnya, Budidaya Tanaman Perkebunan, Mekanisasi Pertanian dan Budidaya Pertanian, sampai tahap D3 dan D4.

“Sekarang ini kita masih memasuki uji kelayakan, apakah sudah layak atau belum untuk dibangun Polteknik di SMK PPN Sembawa ini,” tegasnya.

Kepala SMK PPN Sembawa Ir Mattobi’i mengatakan, secara luas wilaya SMK PPN Sembawa sudah sangat layak untuk dijadikan Polteknik, begitupun dengan sarana peralatan yang tersedia juga sudah cukup lengkap, untuk melakukan praktek lapangan.

“Mudah-mudahan pendirian Polteknik dapat didukung dari berbagai pihak, sehingga dapat segera terealisasi sesuai harapan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Banyuasin Ir Supriono MM menjelaskan, Pemda Banyuasin sangat mendukung berdirinya Polteknik di SMK PPN Sembawa, sebab generasi mudah sudah banyak yang enggan menjadi petani, mereka lebih banyak mencari kerja yang lain. Padahal Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli dalam pertanian.

“Sejauh ini penyuluh pertanian di lapangan masih kurang, sehingga diharapkan lulusan Polteknik nanti bisa menjadi penyuluh pertanian, supaya pertanian kita menjadi lebih maju,” jelasnya.

Banyuasin merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam baik perkebunan, peternakan dan sebagainya, sehingga sangat penting program dari Kementerian ini untuk didukung, supaya dapat berdiri cepat.  

“Kami harap adanya Polteknik nanti, sektor pertanian di Indonesia khususnya di Kabupaten Banyuasin dapat terus meningkat,” pungkasnya.[bubun/rik]


Baca juga:
BANTUAN ALAT PERTANIAN DAN BIBIT
DI PRABUMULIH SAPI KURBAN RP 14 JUTA, KAMBING RP 1,8 JUTA
ANTISIPASI VIRUS HEWAN QURBAN, PETUGAS SUNTIKAN VAKSIN JEMRANA
DAUN KARET MULAI GUGUR, PETANI HARUS KURANGI INTENSITAS PENYADAPAN
HIMBAU PERKEBUNAN PANTAU KARHUTLA PAKAI DRONE


Komentar Pembaca






Berita Populer

Bravo Pramuka Indonesia!
Agendakan Musyawarah Besar, Forpa Libatkan Seluruh Pecinta Alam
Ishak Mekki Goyang-goyang di Linggau