RMOLSUMSEL

Home     


MELIHAT POTENSI MASYARAKAT PALEMBANG, FITRI WUJUDKAN KAMPUNG IKLIM
KAMIS, 10 AGUSTUS 2017 , 22:22:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

  

RMOL. Masyarakat Kota Palembang saat ini mulai sadar pentingnya kawasan asri dan hijau. Hal itulah yang mendasari Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda untuk mengajak masyarakat di setiap kelurahan, memiliki masing-masing kampung iklim.

"Saya melihat potensi ada di masyarakat kita. Maka dari itu sudah selayaknya setiap kelurahan dapat memiliki kampung iklim, dan itu perlu dorongan dari kita aebagai penggerak birokrasi," jelasnya saat memberikan bantuan kepada kelompok tani di Kecamatan Gandus, Kamis (10/8).

Fitri mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, merupakan langkah serius pemerintah dalam mewujudkan kampung iklim. Seperti yang dilakukan di kawasan Gandus hari ini, beberapa bantuan baik itu bibit ataupun alat pertanian tidak akan ada gunanya apabila masyarakatnya tidak serius dan tidak merasa memiliki.

"Keinginan warga untuk menanam dan menjaga kebersihan itulah yang menjadi akar kuatnya pondasi sebuah wilayah, kalau dikelola dengan baik akan sangat bermafaat," ungkapnya.

Saat ini kampung iklim yang sudah ada di Palembang ini, seperti di Pulokerto Kecamatan Gandus bisa menjadi contoh daerah lain untuk membuat kampung iklim.

"Kita ingin agar ini bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri. Jadi masyarakat harus memiliki semangat yang sama, sehingga semua itu akan terwujud, dan kedepan ini akan diwariskan ke anak cucu kita," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Harrey Hadi mengatakan beberapa bantuan yang diberikan kepada Gapoktan adalah bibit tanaman buah yang diharapkan dalam setahun sudah bisa dinikmati hasilnya.

"Ada juga beberapa hand traktor untuk menggarap sawah karena notabene kawasan gandus ini memiliki persawahan," ulasnya.

Menurutnya, di musim kemarau, para petani cukup kesulitan untuk mendapatkanair yang mengaliri persawahan ataupun tanamannya, untuk itulah pihaknya membuat sumur bor.

"Sumur bor bisa digunakan saat kemarau, di mana untuk mengambilnya kami berikan pompa air sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan produktivitas," terangnya.

Kawasan Gandus memiliki  lahan persawahan seluas 2.038,75 Ha, palawija berupa jagung 100 Ha, potensi perkebunan karet seluas 733 Ha, kelapa sawit 17 Ha, kelapa 4 Ha.

"Untuk potensi peternakan sendiri ada ada 1.404 ekor sapi, 1.079 ekor kambing, 87 ekor Domba, 69.585 ekor ayam buras, 133.000 ekor ayam potong dan 4.799 ekor itik," sampainya. [ida]


Baca juga:
RIBUAN WARGA GANDUS TERANCAM TERISOLIR
FITRI DAPAT KEJUTAN ULTAH KE 41
ADIPURA DISAMBUT RIBUAN PELAJAR KOTA PALEMBANG
HARNOJOYO SERAHKAN ADIPURA KE FITRI
HARNOJOYO BORONG EMPAT PENGHARGAAN LIGKUNGAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Peserta HKSN Palembang Digoyang Annisa Bahar
Harnojoyo: Ada Kaum Disabilitas yang Kami Pekerjakan
KKP Minta Walikota Buat Perda Lindungi Ikan Legenda