RMOLSUMSEL

Home     


AKHIRNYA, BOS FIRST TRAVEL DAN ISTRINYA DITAHAN POLISI
KAMIS, 10 AGUSTUS 2017 , 21:39:00 WIB

  

 RMOL. Bareskrim Polri resmi menahan Andika Surachman selaku Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan.

"Mulai hari ini tersangka ditahan di Rutan Polda Metro Jaya," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Herry Rudolf Nahak di kantornya, Gedung Mina Bahari, Jakarta seperti diberitakan RMOL.Co, Kamis (10/8).

Dia menjelaskan, pasangan suami istri tersebut ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam penipuan perjalanan ibadah umrah. Penyidik juga akan melakukan penggeledahan terhadap kantor dan rumah tersangka untuk mencari barang bukti tambahan.

Menurut Herry, hingga saat ini terdapat 30 ribu calon jamaah umrah yang belum diberangkatkan oleh First Travel.  

"Dari total 70 ribu jamaah, 35 ribu orang di antaranya sudah diberangkatkan. Sementara sisanya belum," katanya.

Andika dan Anniesa ditangkap usai menggelar jumpa pers di Komplek Kementerian Agama pada Rabu siang kemarin (9/8). Keduanya dijerat pasal 55 junto pasal 378 dan pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan, serta Undang-Undang 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pemerintah juga telah mencabut izin penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah First Travel lewat Keputusan Menteri Agama Nomor 589/2017 tentang Penjatuhan Sanksi Administrasi Pencabutan Izin Penyelenggaraan PT First Anugerah Karya Wisata sejak 1 Agustus 2017.

Sementara, Otoritas Jasa Keuangan membekukan penawaran perjalanan umrah First Travel yang mematok harga Rp 14,3 juta per orang atau jauh dari biaya yang ditetapkan Kemenag sebesar Rp 21 juta sampai Rp 22 juta per orang. [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Setubuhi Anak Dibawah Umur, Pegawai PT TEL Diringkus
Ustad Fikri Diduga Tipu Puluhan Jemaah Umroh
Dua Pengusaha Wanita Tertangkap Nyabu