RMOLSUMSEL

Home     


DINKES AWASI KETAT PENJUALAN DUMOLID DI PRABUMULIH
KAMIS, 10 AGUSTUS 2017 , 20:47:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

  

RMOL. Jenis narkoba kian lama kian banyak. Seperti baru-baru ini kasus yang menjerat artis ibukota Tora Sudiro. Tterungkap bahwa Dumolid merupakan salah satu jenis narkoba yang dijual secara legal di pasaran.

Namun demikian untuk mendapatkan dumolid bukanlah perkara mudah. Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan dr H Irwan Santoso mengatakan,  untuk mendapatkan obat tersebut haruslah dengan resep dokter. Pihak apotek tidak akan mengeluarkan obat tersebut apabila dibeli secara pribadi.

"Untuk peredaran dumolid juga kita rutin melakukan pengawasan ke apotik-apotik," ungkapnya, Kamis (10/8).

Tak hanya di apotek. Kata Irwan, pengawasan obat dumolid pun dilakukan mulai dari pendistribusiannya hingga obat tersebut sampai ke apotek-apotek.

"Laporan dan pengawasan obat yang dikeluarkan rutin di lakukan dinkes dan badan POM. Termasuk permintaan obat ke pabrik, stok obat, penyimpanan obat dan pengeluaran obat atas resep kita periksa," ujarnya.

Dengan pengawasan super ketat tersebut, kata Irwan, pihaknya dapat mengetahui apabila ada apotik maupun oknum yang bermain menyalahgunakan obat-obat tersebut.

"Di sana bisa diketahui semua. Mulai pemesanan, jumlahnya serta penggunaan dan pengeluaran," terangnya.

Lebih lanjut, Irwan menegaskan, apabila ternyata dilapangan masih ditemukan apotik maupun oknum yang bermain maka pihaknya tak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada apotik yang bersangkutan.

"Apabila disalahgunakan bisa dikenakan sanksi pidana. Apotiknya juga terancam ditutup. Tapi kalau pidana ringan diberi peringatan dulu," tegas Irwan. [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Berbahayakah Masturbasi bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya
Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Gratis
Waspadalah, Polusi Udara Bisa Timbulkan Gangguan Ginjal