RMOLSUMSEL

Home     


DI PRABUMULIH SAPI KURBAN RP 14 JUTA, KAMBING RP 1,8 JUTA
RABU, 09 AGUSTUS 2017 , 23:59:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

HEWAN KURBAN DI KOTA PRABUMULIH/RMOLSUMSEL-DEK
  

RMOL. Memasuki musim kemarau saat ini, sejumlah pedagang hewan kurban di Kota Prabumulih mengeluhkan sulitnya mencari pakan, lantaran rumput di sejumlah desa sudah mengalami kekeringan.

Kesulitan ini dialami Tobek,  salah satu pedagang hewan kurban di Kecamatan Cambai. Menurutnya, memasuki musim kemarau dirinya terpaksa mencari pakan ke luar Kota Prabumulih.

"Biasanya di dusun ini banyak, ini sudah kering. Terpaksa saya cari di daerah lain sampai ke Lembak," ungkapnya, Rabu (9/8).

Akibat sulitnya mencari pakan tersebut, dirinya terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk mencari pakan ke luar kota.


Mengenai harga hewan kurban yang dijual, tutur Tobek, dirinya mematok tarif beragam. Untuk kambing etawa ia jual mulai dari Rp 1.8 juta hingga Rp 4.5 juta. Sementara sapi dijual Rp 14 juta.

"Untuk pembeli saat ini masih sepi. Mungkin kalo la dekat lebaran haji baru rame," tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid peternakan dan perikanan, dr Hj Nora Gustina saat dimintai tanggapan perihal kesulitan pakan yang dialami pedagang menjelaskan bahwa untuk pakan hewan kurban pedagang bisa mensiasatinya dengan mengubah limbah menjadi pakan.

"Bisa dengan limbah kedelai, bisa juga batang pisang ditambah dedak. Selain karbohidrat, pakan ini juga mengandung protein," jelasnya menambahkan. [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Palembang Tertinggi Jumlah Penduduk Miskin
Merdeka.. Dulu Impor Sekarang Ekspor Bawang Merah
Akhir Desember, Banyuasin Capai 1,7 Juta Ton GKG