RMOLSUMSEL

Home     


PETAHANA DILARANG LAKUKAM ROTASI JABATAN 6 BULAN SEBELUM DCT
RABU, 09 AGUSTUS 2017 , 12:57:00 WIB
LAPORAN: DELTA HANDOKO

ILUSTRASI/NET
  

RMOL. Catatan penting buat bakal calon kepala daerah yang berasal dari petahan jika ingin maju atau ikut dalam pemiliham kepala daerah pada pilkada serentak yang akan dilkasanakan pada bulan Juni 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Pagaralam dalam kesempatan sosialisasi peraturan perundamg undangan dalam rangka pemiliham Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam 2018 yang bertempat di ruang rapat KPUD Kota Pagaralam Rabu (9/8).

Bermula dari Ketua DPD PAN Kota Pagaralam salah satu peserta sosialisasi yang menanyakan bahwa kapan batas akhir bagi calon petahan melakukan rotasi atau mutasi pejabat dilingkup pemerintah Kota Pagaralam.

Pasalnya kata dia,dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 9 tahun 2016 dalam beberapa pasal tentang pencalonan disebutkan bahwa selaku petahana dilarang melakukan pergantian pejabat 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon.

Bahkan,Kata Halipan,Calon petahan dilarang menggunakan kewenangan program progaram dan kegiatan pemerintah sebelum penetapan pasangan calon.

Menanggapi hal ini,Ketua KPUD Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi membenarkan jika mengacu pada undang undang nomor 10 tahun 2016 tetntang pilkada memang dijelaskan pada pada pasal 169 ayat 3 bahwa Gubernur,Bupati atau Walikota yang akan melakukan pergantian pejabat di lingkungam pemerintah Daerah provinsi atau Kabupaten / Kota dalam jangka 6 bulam terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari menteri.

"Artinya bagi calon petahana yang masih melakukan rotasi atau mutasi jabatan dalam hitngan waktu yang dimaksudkan maka dianggap tidak memenuhi syarat,"ungkap Yenli.

Yenli mengatakan,kasus ini pernah terjadi di saalah satu kabupaten/kita di provinsi Sumatera selatan.

"Dan akhir pelantikan tersebutpun dibatalkan," tukasnya

Yenli mengatakan,bahwa pendaftaran bagi para calon akan dimulai pada tanggal 8-10 januari 2018 dan dan 12 januari sudah penetapan bagi paslon.

"Jadi kalaupun petahana masih ingin melakukan rotasi atau mutasi hitung saja mundur dari tanggal penetapan,"pungkasnya. [yip]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Inilah Nama-nama Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP
Demokrat Serahkan SK Dukungan Untuk Harnojoyo-Fitri
Kasihan! Titiek Soeharto Hanya Dijadikan Korban Permainan Politik...