RMOLSUMSEL

Home     


SETELAH DAPAT ADIPURA, PROGRAM JUMAT BERSIH MENULAR KE PELOSOK DESA
MINGGU, 06 AGUSTUS 2017 , 11:18:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

RMOL. Diraihnya penghargaan Adipura untuk kali pertama bagi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mulai terlihat dampak positifnya.

Ya, Semangat menjaga kebersihan lingkungan yang dicanangkan oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis mulai merambah ke tingkat desa khususnya dalam wilayah Kecamatan Peninjauan.

Yang salah satunya adalah Pemerintah Desa Lubuk Rukam. Mereka mengadakan kegiatan bersih bersih tiap pekan (Jumat) bersama masyarakat yang dipusatkan sepanjang jalan lintas desa Lubuk Rukam.

"Kegiatan Jumat bersih ini kita galakkan sama seperti yang digalakkan pak Bupati di Kota Baturaja, hal ini kita lakukan untuk mengajak semua lapisan masyarakat dalam menjaga lingkungan," kata Asmunandar, Kepala Desa Lubuk Rukam.

Dikatakannya, kegiatan Jumat bersih ini akan dilakukan secara rutin di setiap dusun, dengan melibatkan unsur pemerintahan desa dan masyarakat.

"Meskipun desa kami bukan di dalam kota, kita harus dukung program pak Bupati untuk mempertahankan Piala Adipura, oleh karenanya kita himbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan saluran air (siring) jangan sampai ada yang tersumbat," katanya.

Sementara itu, Camat Peninjauan Feri Iswan mengatakan dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI ke 72 Tahun 2017 ini, pihaknya mengadakan lomba kebersihan lingkungan.

"Lomba kebersihan yang kita laksanakan tahun ini selain untuk mengisi HUT RI, juga untuk meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga kebersihan lingkungan," kata Camat Peninjauan  Feri Iswan.

Harapan kedepan kata Feri, Kecamatan Peninjauan bisa menjadi contoh bagi daerah lain, sebagai wujud untuk memasyarakatkan kebersihan demi terwujudnya perilaku hidup bersih dan sehat.

"Program kebersihan lingkungan ini terus kita gencarkan, dan di salah satu desa dalam kecamatan Peninjauan yang mencanangkan Go Green, dengan menanam seribu pohon Sirsak, yakni Desa Makartitama," jelasnya.

Ditambahkannya, penilaian lomba kebersihan ini mulai dari 10 Agustus sampai dengan 14 Agustus mendatang.

"Selain lomba kebersihan kita juga mengadakan lomba - lomba hiburan rakyat," pungkasnya. [yip]


Baca juga:
KETUA PEMUDA PANCASILA TUTUP MATA SEPANJANG JALAN NGARAK ADIPURA
WARGA OKU ANTUSIAS SAMBUT PIALA ADIPURA
PERHATIKAN, INI DIA RUTE ARAKAN PIALA ADIPURA DI BATURAJA
OKU SUDAH BERENCANA BANGUN TUGU ADIPURA DI TEMPAT INI
TRAGIS, ISTRI MATI DI TANGAN SUAMI DI DAPUR


Komentar Pembaca






Berita Populer

Siap-siap Macet, Simpang Charitas Ditutup 20 Agustus
Ingin Dapat SIM Gratis di Polres Prabumulih, Ini Syaratnya
Duet RMOLSumsel.Com-Merdeka.Com Jadi Juara