Wow... Liburan, Putin Benar-benar Menyatu dengan Alam

Politik  SABTU, 05 AGUSTUS 2017 , 22:59:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Wow... Liburan, Putin Benar-benar Menyatu dengan Alam

Presiden Vladimir Putin menangkap ikan/net

RMOL.  Beda dengan kebanyakan pejabat di seantero dunia. Presiden Rusia Vladimir Putin tidak perlu menunggu akhir pekan untuk berlibur.  Manakala ia merasa perlu beristirahat dari kesibukan kerja, Putin tidak pilih-pilih waktu.

Pertengahan pekan ini saja, Putin diberitakan Kantor Berita Rusia Itar-TASS menikmati liburan di Siberia Utara. Dia sangat menikmati kedekatan dengan alam saat liburan di Danau Baikal.

Diberitakan Kantor Berita CNN hari ini, Putin memang sering mencitrakan diri dekat dengan alam liar. Selama liburan kali ini, ia memanjat bukit, menyelam sembari berusaha menangkap ikan dengan tangan, serta mandi matahari di pinggir danau selama beberapa hari di awal Agustus.

Dalam beberapa foto, Putin terlihat ditemani Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shougu dalam aktivitasnya tersebut.

Di sela-sela liburannya tersebut, Putin mengingatkan bahwa baik Danau Baikal dan daerah sekitarnya saat ini punya tingkat polusi yang tinggi. Putin juga menyebut pemerintah Rusia akan memprioritaskan masalah tersebut karena Danau Baikal adalah "warisan untuk seluruh bumi".

Danau Baikal sendiri merupakan salah satu cadangan air tawar terbesar di dunia dan termasuk cagar budaya yang dilindungi UNESCO. Danau Baikal yang sudah ada sejak 25 juta tahun lalu juga merupakan danau tertua di dunia -- juga danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 1700 meter.

Dikabarkan AFP, pada Jumat (4/8), Putin meminta pemerintahannya memberikan "perhatian khusus" untuk membereskan "aktivitas ekonomi di sekitar danau yang sering kali tidak rasional dan tidak bertanggung-jawab".


Putin juga menyatakan bahwa air danau dikotori limbah rumah tangga dan juga cairan kimia dari pertanian di sekitar danau sehingga "jumlah air kotor yang dialirkan ke danau tersebut harus dikurangi secara drastis".

Di masa lalu, orang nomor satu di Rusia tersebut menyebut penyelesaian masalah lingkungan hidup sebagai salah satu misi hidupnya. Ia pernah mengikuti migrasi burung bangau serta memantau pergerakan ikan paus dan harimau. Pada 2009, ia pernah pergi ke dasar Danau Baikal dengan menggunakan kapal selam mini.   [ida]

Komentar Pembaca
Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

KPK Berani Periksa Puan?

KPK Berani Periksa Puan?

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 09:00:00

TGPF Novel Tergantung Jokowi

TGPF Novel Tergantung Jokowi

KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

Ishak Mekki Tinggalkan Rumah Dinas

RABU, 14 FEBRUARI 2018 , 09:45:00

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

Hengkang dari PDIP, Irwansyah ke PKS

RABU, 10 JANUARI 2018 , 12:31:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00