RMOLSUMSEL

Home     


INDONESIA DAN SELANDIA BARU KERJASAMA TANGANI TERORISME
KAMIS, 03 AGUSTUS 2017 , 18:25:00 WIB

RMOL. Indonesia bersama Selandia Baru menyepakati saling bantu dalam penanganan tindak pidana terorisme.

"Kami sepakat untuk saling memberikan informasi dan menyampaikan upaya-upaya apa yang kiranya diperlukan dalam upaya penanggulangan terorisme termasuk upaya pencegahannya," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius dalam keterangannya, Kamis (3/8).

Suhardi sendiri menerima kunjungan kerja Asisten Komisioner Keamanan Nasional dan Internasional Selandia Baru Michael Pannet yang didampingi pejabat Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia pada Rabu kemarin (2/8).

Pertemuan dilakukan untuk bertukar pengalaman mengenai penanggulangan terorisme di masing-masing negara. Termasuk cara menghadapi Foreign Terrorist Fighters (FTF) yang selama ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara di Asia Tenggara.

Menurut Suhardi, terdapat kemiripan pandangan dan praktik yang dilakukan Indonesia dan Selandia Baru dalam mengaplikasikan pola pendekatan lunak terhadap pihak keluarga dari anggota kelompok radikal.

"Termasuk program-program deradikalisasi yang kita lakukan selama ini, seperti membangun masjid dan lainnya," jelas mantan kepala Bareskrim Polri , seperti diberitakan RMOL.Co.

Lanjutnya, Kedubes Selandia Baru juga menyampaikan penghargaan atas terlaksananya Sub Regional Meeting Foreign Terrorist Fighters and Cross Border Terrorism di Manado pada 29 Juli lalu. Yang mana diikuti enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Australia, dan Selandia Baru.

Suhardi menambahkan bahwa pihak Selandia Baru merasa memperoleh masukan berarti dari penyelenggaraan forum tersebut.

"Karena di pertemuan tersebut kita membahas semuanya. Baik bagaimana cara mengantisipasi FTF, penanganan terhadap kontranarasi, penegakan hukum, dan sebagainya," demikian Suhardi. [sri]  


Baca juga:
MENPORA AJAK SUPORTER BOLA HENTIKAN YEL-YEL BERBAU RASIS
HARY TANOE KINI DUKUNG JOKOWI, INI TANGGAPAN PERINDO SUMSEL
MUBA TERUS ANTISIPASI TERORISME
BNPT AJAK MASYARAKAT CEGAH RADIKALISME DAN TERORISME DI SUMSEL
HARGA LELANG GULA MUSIM INI LEBIH RENDAH


Komentar Pembaca






Berita Populer

AHY dan Istri Kunjungi PAUD Teratai Merah
Diantar Bupati, Dokumen Nasdem Dihitung Sejam, Langsung Pecah Telur
PKB Usulkan 6 Tokoh Hebat Ini Jadi Cagub Sumsel