Gawat.. RSUD Prabumulih Minus 396 Kantong Darah

Kesehatan  RABU, 02 AGUSTUS 2017 , 15:42:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Gawat.. RSUD Prabumulih Minus 396 Kantong Darah

Kepala UTD RSUD Kota Prabumulih, dr Lazuardi/RMOLSUMSEL/Dede Suhen

RMOL. Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih kian menipis. Saat ini, stok darah di UTD hanya menyisakan empat kantung darah saja, padahal dalam setiap bulan jumlah permintaan darah terus meningkat.

Kepala UTD RSUD Kota Prabumulih, dr Lazuardi mengatakan stok darah yang ada saat ini merupakan cadangan dan akan digunakan hanya dalam keadaan darurat.

"Ada satu-satu. Darah O satu, B satu, A satu dan AB satu Kantung. Darah ini diperuntukkan untuk pasien emergency. Misal kecelakaan memerlukan darah saat itu juga," ungkapnya.

Sementara untuk pasien lain yang tidak begitu emergency, kata Lazuardi, memiliki rentan waktu untuk mencari darah dari pendonor lainnya.

"Kita bisa minta pihak keluarga yang memiliki darah yang sama untuk mendonor," ujarnya.

Menurut Lazuardi, dalam satu bulan permintaan bantuan darah di UTD RSUD Prabumulih mencapai 400 kantung. "Jumlah tersebut terus bertambah tiap bulannya," bebernya.

Tingginya permintaan darah tersebut terjadi karena seluruh rumah sakit yang ada di Kota Prabumulih saat ini harus mengelolah darah melalui UTD RSUD Prabumulih dan tidak boleh mengelolah sendiri.

"Memang sesuai aturan mereka tidak boleh mengelolah sendiri. Jadi seluruh rumah sakit kesini semua. Tapi kita yang kewalahan, karena darah disini kerap mengalami kekosongan," terangnya.

Untuk itu, untuk menjaga stok darah di UTD agar tidak mengalami kekosongan, Lazuardi berharap masyarakat dapat secara rutin melakukan donor darah.

"Kita juga berharap dinas dan instansi swasta untuk rutin menggelar aksi donor darah disetiap acara. Sehingga dapat membantu UTD untuk mencari darah guna membantu masyarakat," tuturnya menambahkan.[rik]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00