RMOLSUMSEL

Home     


SEMINAR KEBANGSAAN
SISKA MARLENI: PANCASILA ITU WAY OF LIFE
SABTU, 29 JULI 2017 , 22:12:00 WIB
LAPORAN: ERIK OKTA

ANGGOTA DPD RI, SISKA MARLENI/RMOLSUMSEL/ERIK OKTA
  

RMOL. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang telah dimurnikan dan dipadatkan menjadi dasar falsafah negara RI.

"Pandangan hidup yaitu pandangan dunia atau way of life, yaitu bagaimana cara menjalani kehidupan," kata anggota DPD RI, Siska Marleni diacara seminar kebangsaan dengan tema “Penegakan Falsafah Pancasila di Atas Kepentingan Kelompok dan Golongan” diselenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan dan NU, di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Sabtu (29/7).

Sebagai falsafah hidup atau pandangan hidup, Pancasila mengandung wawasan dengan hakikat, asal, tujuan, nilai, dan arti dunia seisinya, khususnya manusia dan kehidupannya, baik secara perorangan maupun sosial.

Falsafah hidup bangsa mencerminkan konsepsi yang menyeluruh dengan menempatkan harkat dan martabat manusia sebagai faktor sentral dalam kedudukannya yang fungsional terhadap segala sesuatu yang ada.

Ini berarti bahwa wawasan dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila secara kultural diinginkan agar tertanam dalam hati sanubari, watak, kepribadian serta mewarnai kebiasaan, perilaku dan kegiatan lembaga-lembaga masyarakat. Kelima nilai dasar yang tercakup dalam Pancasila memberikan makna hidup dan menjadi tuntutan serta tujuan hidup. Dengan kata lain Pancasila merupakan cita-cita moral bangsa Indonesia yang mengikat seluruh warga masyarakat, baik secara perorangan maupun sebagai kesatuan bangsa.

Pancasila sebagai falsafah hidup dan cita-cita moral bangsa Indonesia merupakan inti semangat bersama dari berbagai moral yang secara nyata terdapat di Indonesia.

"Seperti diketahui, di tanah air kita terdapat berbagai ajaran moral sesuai dengan adanya berbagai agama dan kepercayaan serta adat istiadat. Setiap moral itu mempunyai corak sendiri, berbeda satu sama lain, dan hanya berlaku pada umatnya yang bersangkutan. Namun, dalam moral-moral itu terdapat unsur bersama yang bersifat umum dan mengatasi segala paham golongan. Moral Pancasila mampu mengatasi segala golongan dan bersifat nasional," tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PWNU Sumsel KH. Amri Siregar, Kaban Kesbangpol Provinsi Sumsel, Richard Cahyadi, Ketua Panitia, Abdul Haris serta para peserta seminar kebangsaan meliputi Organisasi kepemudaan yang tergabung dalam forum pemuda NKRI Provinsi Sumsel.[rel/rik]


Baca juga:
HOREE.. DANA PKH TAHAP TIGA CAIR
MENTERI SITI RESMIKAN PUSAT REHABILITASI HARIMAU SUMATERA
WARGA KOMERING LIHAT HARNOJOYO-FITRI PASANGAN PEMIMPIN IDEAL
FK49 WUJUDKAN TRI SUKSES PALEMBANG
IMPOR BUKAN SOLUSI KRISIS GARAM


Komentar Pembaca






Berita Populer

Wisatawan Mancanegara Kagumi Koleksi Batik Tulis Mesum Dr AK Gani
3 Putri Cantik asal OKU Akan Diterbangkan ke Surabaya
Menangis Kencang dan Histeris, Eni Dapat Hadiah di Lubuklinggau