RMOLSUMSEL

Home     


LEGKIPALIGES BANYAK LAHIRKAN TOKOH PENTING
RABU, 26 JULI 2017 , 19:11:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

RMOLSUMSEL
  

RMOL. Silaturahmi menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi keluarga besar masyarakat Lematang Gumay, Kikim, Pasemah, Lintang Empat Lawang dan Semende (LEGKIPALIGES). Hal itu terlihat dari kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan di halaman parkir Kambang Iwak Family (KIF) hari ini, Rabu (26/7/17).

Kepada RMOL Sumsel, Ketua LEGKIPALIGES, Noviarman Kailani menerangkan, pertemuan yang dilaksanakam hari ini, merupakan pertemuan untuk membangkitkan rasa kebersamaan dan emosional antar masyarakat eks Kabupaten Lahat yang kini sudah terpecah menjadi beberapa Kabupaten/Kota baru di Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kiti disini karena kita ingin membangkitkan rasa kebersamaan dan hubungan emosional antar masyarakat suku basemah yang ada di Kota Palembang," jelasnya.

Pria yang pernah menjabag Kepala Badan Pendapatan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel ini menerangkan, LEGKIPALIGES merupakan pengembangan dari wadah perkumpulan LEGKIPALI yang sudah lebih dulu terbentuk.

Karena antara LEGKIPALI dan masyarakat Semende memiliki sejarah dan historis yang begitu erat, membuat pihaknya mengembangkan LEGKIPALIGES, sebagai bentuk persatuan dan kesatuan dari eks masyarakat Kabupaten Lahat.

"LEGKIPALI dan masyarakat Semende tidak bisa dilepaskan. Karena, sebagai sama-sama masyarakat eks Kabupaten Lahat, tentunya memiliki hubungan emosional yang begitu erat. Hal itulah yang membuat kami kembali bersatu dengan seluruh eks masyarakat Lahat," jelasnya.

Noviarman bangga dengan cukup banyaknya kader-kader LEGKIPALIGES yang sukses menjadi tokoh-tokoh penting baik di skala Sumsel hingga Nasional. Seperti, Harnojoyo yang kini menjabat Walikota Palembang.

"Kita berharap kedepan, persatuan dan kesatuan seperti ini, dapat terjalin lagi. Sehingga kedepan seluruh masyarakat yang tergabung dalam LEGKIPALIGES," imbuhnya.

Terpantau, sejumlah toko masyarakat hadir dalam kegiatan halal bihalal LEGKIPALIGES yang dilaksanakan hari ini, seperti, Walikota Palembang Harnojoyo, Bupati Lahat Aswari Rivai, mantan Walikota Palembang, Husni dan calon Walikota Palembang yang juga putri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Lury Eliza Alex Noerdin.[sri]


Baca juga:
TIGA BELAS TAHUN MENANTI KIKIM AREA
PEMERINTAH HENTIKAN DOB, WARGA KIKIM AREA SANGAT KECEWA
HARNOJOYO: KOTORAN MATA KELUAR SEMUA
PERELUNG, KAIN TENUN KHAS PASEMAH TERANCAM PUNAH
KONDISI JEMBATAN KAMBANG IWAK SANGAT MEMPRIHATINKAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

Panglima Bangga Anak Indonesia Juara Hafizh di Mekkah
Ini Replika Kotak Suara Raksasa yang Bakal Pecahkan Rekor Muri
Sedekah Bumi dan Wayang Kulit Harus Terus Dibudayakan