RMOLSUMSEL

Home     


Senin, 17 Juli 2017 , 21:27:00 WIB

Ayo.. Kita Bangun Kultur Moderat di Palembang



RMOL. Calon Walikota Palembang 2018 H. Mularis Djahri, mengajak warga Kota Palembang membangun kultur moderat.

Secara sederhana moderat artinya sedang yaitu tidak kecil maupun besar dalam suatu suatu ukuran, jumlah, derajat, atau kekuatan.

Moderat berarti menghindarkan pengungkapan atau perilaku yang ekstrim. Dalam bidang politik, orang yang berpikiran atau berpendapat moderat adalah orang yang mempunyai pikiran yang tidak ekstrim sehingga orang tersebut bisa diterima oleh orang banyak. Demikian kesimpulan yang dipetik dari uraian singkat Mularis Djahri dalam acara “Temu Warga Bersama Mularis-Lury” yang digelar di Warung Ayam Bakar Mas Kumis, di Kawasan Komplek OPI, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang baru-baru ini.

Lebih jauh Mularis menyatakan, saat ini dunia sedang dilanda wabah menakutkan dan amat berbahaya, yaitu suatu gerakan baik teorganisir maupun individu yang berujung pada kerusakan, kematian dan kehancuran. Seringkali ini mengatasnamakan perintah tuhan. Teologi teror telah terjadi di banyak lokasi.

“Ini menakutkan, berbahaya bagi keutuhan dunia, mengacaukan ketertiban dan kedamaian hidup manusia,” ujarnya.

Mularis menegaskan dirinya sering mengatakan dalam banyak kesempatan, lebih baik bekerja dari pada membicarakan orang lain, tidak ada gunanya itu.

“Carilah teman sebanyak mungkin selagi kita diberikan kesempatan hidup. Mengalahlah jika ada masalah, sehingga orang tidak mau bermasalah sama kita. Tiada kata yang indah selain ucapan permohonan maaf atas segala salah dan dosa yang sudah kita perbuat,” pungkasnya.

Sementara pengusaha muda dan duta pemberantasan narkoba Provinsi Sumatera Selatan, Hj. Lury Elza Alex Noerdin menambahkan pentingnya hidup menghindari bahaya. Semua harus kembali kepada ajaran agama yang menempatkan etika atau akhlak sebagai hal utama. Lury Elza yang didaulat menjadi bakal calon Wakil Walikota Palembang ini juga mengajak warga untuk sama-sama mengamalkan agama secara benar agar tidak terjerumus ke dalam aktivitas yang berbahaya, baik membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

“Narkoba contohnya, itu bahaya jika disalahgunakan. Bisa membunuh banyak generasi. Apalagi kegiatan ekstrimisme yang meneror. Keduanya amat bahaya, penyalahgunaan narkoba dan terorisme adalah dua hal yang sangat bisa menghancurkan bangsa,” ujarnya.

Lury mengajak warga untuk tidak memperlakukan agama laksana monumen yang beku, kaku, dingin dan mencekam tetapi harus memperlakukannya lebih ke dalam suatu kerangka iman yang aktif dan dinamis.

“Dalam hidup bermasyarakat kita bertemu, bergaul dan berbaur dengan berbagai macam orang. Dimana setiap orang memiliki pandangan dan kepentingan masing-masing. Jika tidak disikapi dengan baik maka akan timbul benturan kepentingan yang menyebabkan perselisihan dan kericuhan. Dalam menyikapi perbedaan itulah penting bagi kita mencari jalan tengah dan menghindari perilaku atau sikap yang ekstrem,” pungkasnya.[rel/rik]

Dukungan untuk Harno ...

Lewat surat resmi yang ditandatangani Ketua Umum ...

Komandan Brimob Diba ...

Komandan Kompi (Danki) 1 Brimob Petanang  AK ...

Semangat Kejar Medal ...

Memasuki hari terakhir Cabang Olahraga atletik ...

Siap Bertanding

Sebanyak 40 medali emas diperebutkan dalam cabang ...

Paparan Asian Games ...

Untuk memastikan persiapan Asian Games 2018 berja ...

Dapat Dukungan Parta ...

Tim Rumah Perjuangan Harnojoyo dan Fitri Agustind ...

Terakhir Jadi Inspek ...

Hari jadi kabupaten Muara Enim yang ke-71, bersa ...

Tutup Sumur Minyak I ...

Petugas mulai melakukan penutupan sumur minyak ile ...

Wujudkan Sumsel Smar ...

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin resmi mela ...

Save Pohon

Truk fuso bermuatan makanan intans terguling dan ...

POLITIK
Jakarta Utara Terbersih, Medan Terkorup, Palembang Tak Disurvei

Rabu, 22 November 2017 , 18:30:00 WIB

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tertinggi diraih Kota Jakarta Utara, sementara Kota Medan menjadi yang terkorup di antara 12 kota di Indonesi ...

EKONOMIBank Dunia Sorot Anggaran Pendidikan Indonesia

Rabu, 22 November 2017 , 23:37:00 WIB

Besaran anggaran pendidikan Indonesia mendapat sorotan Bank Dunia. Hal ini lantaran anggaran yang dikeluarkan tidak berbanding lurus dengan ...

SOSIALSeramnya Lewati Perbatasan Ini, Aparatnya Pada Kemana!

Rabu, 22 November 2017 , 15:12:00 WIB

Kawasan perbatasan antara Lampung-Palembang tepatnya di Pematang Mesuji Lampung menjadi daerah yang paling menyeramkan bagi sopir truk dan ...

KRIMINALBandit Bermotor Rampas Android Mahasiswi Cantik, Manyun Deh..

Rabu, 22 November 2017 , 19:13:00 WIB

Kawanan jambret yang kerap beraksi di jalan lalu-lintas kota Palembang semakin meresahkan saja, kian hari semakin banyak warga ya ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu